PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

100 Peserta Ikuti Pendidikan Pendahuluan Bela Negara

Ekonomi dan Pariwisata    7 tahun yang lalu   
   1744 Kali

Sumber Foto: Kepala Kesbangpolmas H Fatekur Rachman saat memberikan arahan dan semangat kepada seluruh peserta pendidikan pendahuluan bela negara. (ir)

TENGGARONG - Suatu negara akan semakin kuat pertahanannya bila saja bangsa tersebut bersatu padu untuk memperjuangkan negara dalam melindungi dan membela hak-hak yang dimiliki negara itu sendiri. Dalam dasar negara Indonesia sudah diterangkan tentang rasa bela negara untuk melindungi negara dari ancaman-ancaman yang terjadi.

Mengacu fenomena yang terjadi pada masyarakat umumnya saat ini, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Masyarakat, bekerjasama dengan Kodim 0906/Tenggarong, memberikan penataran Pendidikan Pendahuluan Bela Negara (PPBN) dengan kelompok sasaran tokoh pemuda, pelajar dan mahasiswa berjumlah 100 orang, Senin (25/11) di Aula Asrama Atlet Tenggarong Seberang. Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber dari Akademisi Unmul Samarinda Dr Edi Rachmad, M.Pd, Kodim 0906/Tenggarong Letkol Inf Dendi Suryadi, Kepala Kesbangpolmas H Fatekur Rochman, dan Polres Kukar (Penyuluhan Narkoba). Kepala Badan Kesbangpolmas Kukar H Fatekur Rachman mengatakan tujuan pendidikan bela negara untuk meningkatkan kesadaran dan peran serta masyarakat dalam usaha pembelaan negara, dilandasi oleh kecintaan tanah air dan kesadaran berbangsa dan bernegara berdasarkan pancasila dan Undang-undang Dasar 1945.

"Membangkitkan rasa dan semangat kebangsaan di kalangan masyarakat, mendorong terwujudnya kehidupan kebangsaan harmonis guna pencapaian tujuan dan cita-cita nasional dalam kerangka NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945," katanya. Selain itu, lanjut Fatekur Rachman dalam rangka menjaga kondusifitas daerah Kutai Kartanegara aman, tertib dan damai. "Jangan mudah terprovokasi dengan isu-isu yang dapat memecah belah masyarakat yang dapat menimbulkan kerawanan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Jangan melakukan perbuatan anarkis dan cenderung akan merugikan semua pihak," ujarnya.

Ditambahkan dia, bela negara ini juga mampu bertoleransi terhadap setiap perbedaan yang ada di masyarakat, mengingat masyarakat di Kukar merupakan masyarakat yang majemuk baik suku, bangsa, agama, ras dan sebagainya.
Komendan Kodim 0906/Tenggarong Letkol Inf Dendi Suryadi menyambut baik kegiatan pendidikan bela negara. Dikatakan Dendi diarus globalisasi dan moderalisasi dunia, suatu negara akan mudah tergoyahkan bukan di negara-negara yang sedang berkembang saja namun yang sudah majupun mendapat ancaman-ancaman tersebut. "Disinilah sebuah bangsa harus memiliki rasa nasionalisme yang kuat untuk melindungi dan membela negaranya dari negara lain yang lebih berwawasan intelektual luas," katanya.

Ditambahkan dia, Kukar sendiri sebagai daerah yang memiliki kekayaan alam yang luar biasa, tak heran daerah ini setiap tahunnya sebagai penyumbang terbesar mencapai Rp 150 Triliun ke pemerintah pusat. "Kita menyadari hal itu, tidak menutup kemungkinan ada ancaman-ancaman, yang harus diwaspadai dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat pentingnya sikap dan prilaku cinta tanah air bagi segenap WNI dan rela berkorban bagi bangsa dan negara sesuai nilai pancasila dan UUD 1945," ujarnya.
Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari sejak 25 s/d 27 November 2013. Materi yang diberikan diantaranya, Kurikulum Pancasila dan UUD 1945, Hakekat Ancaman dan Bela Negara, Wawasan Kebangsaan, Penanaman Kesadaran Hukum, Penyalahgunaan Narkoba, PBB, TUS, Disiplin, Long Mars. Dengan metode ceramah dan diskusi, tanya jawab, dan latihan baris-berbaris. (hmp04)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini102 pengunjung
Minggu Ini1.464 pengunjung
Bulan Ini5.529 pengunjung
Total Pengunjung103.603 pengunjung
Total Klik2.725.377 Kali