PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Antisipasi Dampak Inflasi, Pemkab Kukar Ikuti Rakor Pengendalian Secara Virtual

Ekonomi dan Pariwisata    3 bulan yang lalu   
Administrator    117 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG - Asisten II Sekretariat Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Wiyono menghadiri rapat koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi yang dipimpin Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia RI secara virtual, di Ruang Vidcon Kantor Bupati Kukar, Selasa (30/08/2022).

 

Mendagri Tito Karnavian menyampaikan arahan dari Presiden mengenai situasi global akibat pandemi Covid-19 yang belum usai ditambah dengan adanya geopolitik Rusia-Ukraina yang berdampak terhadap perekonomian global.

 

Hingga kini, Inflasi Indonesia per Juli 2022 berada pada angka 4,94 persen. Angka tersebut masih lebih baik dibandingkan beberapa negara lain seperti Uni Eropa di 8,9 persen, Amerika Serikat di 8,5 persen, bahkan Turki yang mencapai 79,6 persen.

 

Agar inflasi Indonesia terkendali, Mendagri mengingatkan Kepala daerah dan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) maupun Tim Pengendali Inflasi Pusat (TPIP), agar melakukan optimalisasi anggaran dalam APBD yang terkait dengan pengendalian inflasi daerah. Dengan menjaga keterjangkauan harga, daya beli masyarakat, kelancaran distribusi dan transfortasi, kestabilan harga pangan yang rentan terhadap dampak inflasi di masing-masing daerah.

 

"Saya ingin Bupati, Wali Kota, Gubernur betul-betul mau bekerja sama dengan tim TPID di daerah dan TPIP terus koordinasikan di daerah kita apa yang harganya naik atau faktor apa yang menyebabkan inflasi di daerah,” ujar Tito.

 

Sementara itu Asisten II Setkab Kukar Wiyono mengatakan Pemerintah Daerah akan menindaklanjuti arahan Mendagri dan pada prinsipnya Pemda siap mendukung apa yang menjadi program pemerintah pusat untuk mengendalikan inflasi di daerah.

 

Pemda akan segera melakukan percepatan koordinasi lintas sektor agar secepatnya bisa menanggulangi atau bisa mengendalikan inflasi di daerah khususnya di Kabupaten Kukar

 

"Kita akan segera melaporkan kepada pimpinan tentang hasil rapat ini, selanjutnya melakukan koordinasi dan menyusun tim untuk pengendalian inflasi di kabupaten Kukar, akan melakukan rapat koordinasi kepada seluruh kecamatan, lurah/desa guna mengantisipasi dari awal tentang apa yang menjadi permasalahan dan faktor yang bisa menjadikan inflasi kedepannya," ujar wiyono.

 

Lebih lanjut Wiyono mengatakan semoga semua upaya kita bersama dengan bergerak cepat diharapkan dapat mendorong peningkatan ketahanan pangan di Kukar dan menjaga keseimbangan Inflasi yang stabil guna mendukung pertumbuhan ekonomi yang kuat dan berkesinambungan menuju Indonesia maju.

 

"Sesuai arahan mendagri kita akan melakukan program penanaman cabe maupun bawang dan lain sebagainya di pekarangan rumah guna menjaga ketersediaan kebutuhan pokok sebagai langkah atau upaya kita bersama menjaga keseimbangan harga barang dan kebutuhan pokok dalam menjaga keseimbangan inflasi di Kukar," ujarnya.(Prokom09)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: http://localhost:8041

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini265 pengunjung
Minggu Ini2.759 pengunjung
Bulan Ini10.521 pengunjung
Total Pengunjung255.744 pengunjung
Total Klik11.847.374 Kali