PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Asisten II Setkab Kukar Lakukan Penanaman Pohon di Hutan Konservasi BOSF Samboja

Ekonomi dan Pariwisata    2 bulan yang lalu   
Administrator    32 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG - Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setkab Kukar Wiyono menghadiri acara penanaman pohon di Hutan Konservasi Borneo Orang Utan Survival Foundation (BOSF), Samboja Lestari, Kecamatan Samboja, Sabtu (26/11/2022). 

 

Penanaman pohon ini dilaksanakan dalam rangka dua dekade Gerakan Anti Pencucian Uang Dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APUPPT) Indonesia. 

 

Menurut Direkur Utama Bank Central Asia (BCA), Jahja Setia Atmadja, program penanaman 5.000 bibit pohon ini merupakan upaya nyata yang dilakukan oleh BCA bersama dengan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Pusat.

 

Serta Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) bersama Yayasan BOSF untuk membuat kawasan Hutan yang lebih asri. “Indonesia maju tanpa pencucian uang dan pendanaan terorisme untuk mewujudkan sistem keuangan yang kuat, berintegritas, dan berkelanjutan,” katanya. 

 

Ditambahkannya, lingkungan yang hijau dan asri pasti akan dicari, sebab dapat memberikan kenyamanan tersendiri. Upaya menghijaukan bumi tidak hanya tugas pemerintah, namun juga dapat dibantu pelaksanaannya oleh swasta. 

 

Sadar akan pentingnya penghijauan, sebagai institusi perbankan nasional, BCA pun menginisiasi kerja sama dengan dinas setempat untuk menciptakan lingkungan hidup yang nyaman, khususnya untuk masyarakat Kaltim, utamanya Kukar.  

 

Sekecil apa pun aksi yang dilakukan akan memberikan dampak yang positif bagi lingkungan hidup. Ada pun 5.000 bibit pohon yang ditanam secara simbolis terdiri dari buah dan kayu. Seperti pohon kapur, balangeran, trembesi, ketapang kencana, jeruk, jambu air, jambu kristal, rambutan, alpukat, belimbing, manggis, dan kelengkeng. 

 

Penanaman bibit ini kian mempercantik dan memperbaiki udara di hutan konservasi BOSF. Uniknya, penanaman bibit-bibit pohon buah ini juga menjadi dukungan untuk Kawasan Hutan Wisata yang menjadi area agrowisata pemetikan buah secara langsung. 

 

Selain diharapkan dapat membantu penghijauan, adanya penanaman pohon ini juga dapat membantu perekonomian masyarakat atau kelompok tani sekitar yang memanfaatkan buah-buahan sebagai sumber mata pencaharian. Selain itu, penanaman bibit pohon di area agrowisata buah ini diharapkan dapat membantu mengendalikan debit air dan memperbaiki udara. 

 

Tampak hadir dalam acara tersebut Gubernur Kaltim yang diwakili Kepala Kehutanan Kaltim Joko Istianto, CEO BOSF jamartin Sihite, Direktur BCA Antonius Widodo Mulyono, Forkopimcam Samboja dan sejumlah undangan lainnya.

 

Sementara itu, Bupati Kukar Edi Damansyah dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten II Setkab kukar Wiyono mengatakan, Green Financial Crimes adalah isu global. Karena dianggap merusak tatanan dunia dan mengancam keberlangsungan lingkungan. 

 

Di Indonesia, dengan lahirnya UU Nomor 15 Tahun 2002 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang maka PPATK sebagai lembaga yang menerima laporan transaksi keuangan, melakukan analisis atas laporan transaksi keuangan, dan meneruskan hasil analisis kepada lembaga penegak hukum menjadi leading sektor dalam upaya membangun perekonomian yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. 

 

Di samping itu, setelah lahirnya UU Nomor 9 Tahun 2013 tentang Tindak Pidana Pendanaan Terorisme maka UU ini turut menjadi legal formil yang mampu menangkal tindakan pendanaan proliferasi senjata pemusnah massal. Saat ini di tahun 2022, PPATK bersama dunia keuangan/perbankan melaksanakan peringatan dua dekade Gerakan Anti Pencucian Uang Dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APUPPT).

 

Tentunya Pemkab Kukar turut mendukung program pemerintah ini. Pada prinsipnya Pemkab Kukar dalam memerangi kejahatan lingkungan, yang mencakup berbagai kegiatan mulai dari eksploitasi sumber daya alam (SDA), perdagangan sumber mineral, kehutanan hingga perdagangan limbah secara illegal.

 

Pemkab Kukar dalam Visi Misi KUKAR IDAMAN sebagaimana tertuang dalam RPJMD Tahun 2021-2026 bertujuan meningkatkan pengelolaan SDA yang berwawasan lingkungan. Pembangunan yang dilakukan diharapkan berdampak langsung pada kualitas lingkungan hidup di Kabupaten Kukar, terutama ekosistem lingkungan dan dampaknya bagi kehidupan manusia. 

 

Pemkab Kukar meyakini bahwa kualitas lingkungan hidup yang baik adalah pemenuhan kebutuhan dasar bagi manusia. Aspek yang dipakai untuk menilai kualitas lingkungan hidup adalah udara, air sungai dan tutupan lahan. Ketiga aspek ini dinilai penting untuk mengetahui seberapa besar kerusakan lingkungan dan ekosistem yang dialami mansuia di Kabupaten Kukar. 

 

Oleh karenanya sebagai upaya menjaga ekosistem yang baik secara berkelanjutan, Pemkab Kukar menetapkan kawasan-kawasan strategis pertanian secara terintegrasi, mulai dari kepastian ketersediaan lahan, pengairan, penyiapan petani unggul hingga sarana dan prasarana infratsruktur wilayah.

 

“Untuk memperkuat sektor pertanian dilakukan upaya untuk mendorong sektor hilir sebagai pengungkit nilai tambah hasil pertanian Kukar, dengan kegiatan strategis membangun Sentra Indutsri Kecil Menangah (IKM) terhadap komoditi unggulan Kukar,” ujar Wiyono.  

 

Melalui agenda penanaman pohon dalam rangka dua dekade gerakan APUPPT di Indonesia, Pemkab Kukar tentunya turut mendukung penerapan sustainable finance dan green economy di Indonesia. Pemkab Kukar juga mengapresiasi serta medukungan kepada PPATK dan BCA yang turut memperhatikan kelestarian alam dengan wewenang yang dimiliki.

 

Sebab menjaga keharmonisan alam dan manusia itu bukanlah perkara yang mudah. Namun, dengan kolaborasi dan sinergi berkelanjutan bersama seluruh stakeholder, hal ini tentu bukanlah hal yang mustahil untuk diwujudkan. 

 

Melalui gerakan penanaman sebanyak 5.000 pohon di atas areal seluas 12,5 ha bersama lima kelompok tani dengan anggota 2-3 petani pada hari ini, diharapkan terjadi proses perawatan cagar alam dalam jangka panjang dan upaya pengembangan masyarakat berkelanjutan. 

 

Selain itu, gerakan ini juga ikut memberikan dukungan cagar alam untuk ratusan orang utan dan beruang madu yang diselamatkan di kawasan Rehabilitasi Samboja Lestari, Kabupaten Kukar, Provinsi Kaltim. 

“Semoga alam kita menjadi lestari, dan tindakan kejahatan pencucian uang dan terorisme dapat dicegah dan diberantas secara berkelanjutan,” tutur Wiyono.

 

Acara ditandai dengan penyerahan secara simbolis 5.000 pohon dari PPATK & BCA kepada para petani didampingi BOSF Jamartin dan Gubernur Kaltim yang diwakili Oleh Kadis Kehutanan Kaltim. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan plakat, peninjauan pemberian makanan kepada orang utan, dan penanaman pohon. (Prokom 03).


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: http://localhost:8041

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini42 pengunjung
Minggu Ini2.822 pengunjung
Bulan Ini11.606 pengunjung
Total Pengunjung275.670 pengunjung
Total Klik12.542.400 Kali