PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Awal 2014 Pasar Baru Loa Janan Bisa Beroperasi

Ekonomi dan Pariwisata    7 tahun yang lalu   
   949 Kali

Sumber Foto: Pasar Loa Janan Ulu: Hampir siap digunakan, hanya saja lapak pedagang ikan belum ada, dan kini sedang dikerjakan. (by hayru abdi)

TENGGARONG - Kepala Bagaian Administrasi Perekonomian Sekretariat kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) H Akhdar Rivai mengatakan, pasar baru di Loa Janan Ulu baru dapat beroperasi awal 2014. Menurut Akhdar, hal tersebut karena ada proses administrasi yang wajib dilakukan, diantaranya lelang. Karena, dana yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pembangunan pasar di Loa Janan Ulu jumlahnya lebih dari Rp 200 juta, yang berasal dari anggaran perubahan tahun ini.

"Sesuai aturan, jika dananya lebih Rp 200 juta, maka wajib dilakukan proses lelang yang sudah dilakukan dinas Cipta Karya," ujarnya saat ditemui, Senin (4/11). Dia mengatakan, segala kegiatan yang menggunakan dana APBD termasuk pengerjaan pasar Loa Janan Ulu, harus selesai bulan Desember. "Jadi pasar Loa Janan Ulu itu, Insyaallah bisa digunakan bulan januari 2014," katanya. Maka akhadar berharap kepada warga dan calon pedagang yang akan menempati pasar baru tersebut, supaya bersabar. Sementara, Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) rehabilitasi los pasar dan pembuatan lapak ikan pasar Loa Janan Ulu dari Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kukar, Ida Ayu mengatakan proses lelang untuk pengerjaan pasar Loa Janan Ulu itu sudah dilakukan. "Pemenangnya CV Roma, dan saat ini pengerjaan fisiknya sudah mulai dilaksanakan," katanya.

Ida mengatakan, kegiatan fisik yang dikerjakan yaitu pembuatan 24 lapak untuk penjual ikan, meninggikan lantai los pasar, pembuatan jalan masuk pasar, termasuk penanggulangan longsoran disisi sebelah hulu bangunan pasar tersebut."Diusahakan pengerjaannya selesai sesuai target, yaitu pertengahan Desember 2013 ini," demikian ujarnya. Untuk diketahui, pasar baru di Loa Janan Ulu dibangun guna erelokasi para pedagang di pasar subuh Loa Janan, yang kondisinya tak layak dan bisa menyebabkan kemacetan. Pasar baru tersebut dibangun secara tahun jamak sejak 2009. Pasar yang terletak berdekatan dengan PDAM Loa Janan Ulu itu terdiri dari 112 petak yang sudah selesai. (hayru;hmp03)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini182 pengunjung
Minggu Ini1.895 pengunjung
Bulan Ini6.365 pengunjung
Total Pengunjung110.248 pengunjung
Total Klik2.881.361 Kali