PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Bank Sampah Mandiri Tenggarong Seberang Olah Sampah Jadi Bernilai Ekonomi

Ekonomi dan Pariwisata    1 bulan yang lalu   
Administrator    156 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG – Bank Sampah Mandiri (BSM) Desa Suka maju Kecamatan Tenggarong Seberang, menjadi peserta Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) ke-VIII Kalimantan Timur (Kaltim), di Halaman Parkir Stadion Rondong Demang Tenggarong.

 

Ketua BSM Yayuk Setiahati mengatakan, pihaknya merasa senang dan bangga bisa ikut ambil bagian dalam kegiatan ini. Sebab menambah pengalaman dan menambah wawasan bagi para anggotanya yang sebagian adalah ibu – ibu rumah tangga dan gadis – gadis milenial.  

“Alhamdulillah sejak berdiri Tahun 2018 lalu yang beranggotakan 15 orang  banyak pengalaman dan pengetahuan yang mereka dapatkan, selain untuk mengisi waktu luang ternyata sekarang bisa menambah peningkatan ekonomi keluarga,” ujarnya.

 

“Kami berawal dari mengumpulkan sampah aneka plastik  warga yang berada di sekitar lingkungan dan akhirnya ide inovasi untuk mengelola sampah menjadi barang yang ada nilai jual salah satunya lampion, pot kembang, berbagai aksesoris serta Paving Block Plastik. Sebelum sampah diolah menjadi aneka kerajinan kami mendatangi rumah warga yang memiliki sampah untuk siap ditimbang dan kami bawa ke workshop bank sampah mandiri, tidak cuma kami yang mendapatkan keuntungan tetapi warga dapat menabung dari sampah,“ jelas Yayuk Sehati.

 

Salah satunya kerajinan paving block plastik terbuat dari bahan plastik yang dilelehkan dengan cara dimasak, setelah cair selanjutnya dipres dengan alat yang sudah ada. Paving ini lebih kuat dan tidak mudah pecah saat terjatuh. 

“Alhamdulillah mendapat respons dari warga masyarakat bukan hanya dari desa di Kecamatan Tenggarong Seberang namun hampir seluruh desa di Kukar sudah berkunjung dan study banding mempelajari cara mengelola dan memanfaatkan aneka sampah yang ternyata bisa menghasilkan keuangan keluarga. Paving block plastik ini sama dengan paving biasa dan lebih awet serta tidak mudah pecah, sekarang sudah banyak diminati dan sehari mereka bisa mencetak 100 buah,” ungkapnya. ( Prokom 03).


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kopidoni.com

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini52 pengunjung
Minggu Ini2.929 pengunjung
Bulan Ini11.792 pengunjung
Total Pengunjung210.877 pengunjung
Total Klik9.132.331 Kali