PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Behambur Makanan Rayakan Beseprah Erau Adat Pelas Benua Tahun 2022

Ekonomi dan Pariwisata    2 bulan yang lalu   
Administrator    185 Kali

Sumber Foto: Prokom

Tenggarong - Tradisi Beseprah dalam rangka Erau Adat Pelas Benua Tahun 2022 digelar di depan Jalan Monumen Timur sampai jalan Mulawarman Tenggarong, Kamis (29/9/22).

 

Tradisi makan beseprah dibuka Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin yang ditandai dengan pemukulan kentongan bersama pejabat Forkopimda Kukar serta Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura ke-XXI dengan gelar Sultan Aji Muhammad Arifin.

 

Membacakan sambutan Bupati Kukar, Rendi Solihin mengucapkan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Sultan Kutai Kartanegara beserta segenap pihak, baik pihak swasta maupun masyarakat yang telah berpartisipasi dalam momentum Beseprah pada kali ini.

 

Dia berterimakasih karena telah berupaya menjaga tradisi budaya serta adat istiadat raja-raja Kutai Kartanegara untuk hadir berbagi rezeki dengan menghidangkan berbagai macam ragam makanan dalam acara beseprah pada hari ini.

 

Tradisi makan bersama tambah Rendi, memiliki nilai-nilai kebersamaan dan ketulusan hati sang raja atau pemimpin pemerintahan di daerah dengan cara duduk bersila di atas tikar untuk menyantap makanan bersama masyarakat merupakan wujud rasa kecintaan dan kasih sayang untuk berbagi bersama. 

 

Menurutnya dengan tradisi ini bisa dilihat bahwa tidak ada batasan sosial antara sultan, pejabat pemerintah dan warga masyarakatnya.

 

Rendi bersyukur bahwa di tengah munculnya berbagai musibah berupa bencana yang terjadi saat ini, baik adanya wabah Covid 19, bencana alam, dan peristiwa perang Rusia- Ukraina yang berdampak pada perubahan kondisi ekonomi, sosial budaya dan berbagi aspek kehidupan masyarakat, yang dirasakan didaerah masih dapat dilewati dan jalani dengan penuh kesabaran, kebersamaan ,tetap bekerja keras, bergotong royong dan tetap menjaga protokol Kesehatan agar musibah tersebut perlahan dapat teratasi bersama sehingga aktivitas hidup dalam mengisi pembangunan dapat berjalan normal kembali. 

 

Dia juga menegaskan bahwa Pemerintah kabupaten kutai kartanegara terus berkomitmen dan bekerja keras serta menyadari bahwa setiap aktivitas kerja dalam membangun daerah yang dilaksanakan saat ini dan mendatang sangat membutuhkan partisipasi seluruh pemangku kepentingan khususnya untuk mendukung pembangunan yang menjadi prioritas utama berdasarkan RPJMD Tahun 2021-2026 diantaranya pembangunan di bidang kepariwisataan didaerah.

Rendi berharapan kegiatan ini dapat mendukung terlaksananya agenda pembangunan kepariwisataan didaerah yang memiliki nilai seni dan budaya serta bernilai ekonomis sehingga memberikan dampak positif bagi kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Kutai Kartanegara sekaligus menjaga agar tradisi yang dahulu dipelopori oleh para raja Kutai Kartanegara ini dapat terus dipelihara dan lestarikan pada saat ini dan dimasa mendatang. 

 

Oleh sebab itu tambah Rendi, ia meminta kerja sama semua pihak untuk berpartisipasi, baik dari kalangan instansi pemerintah, swasta maupun masyarakat agar dapat melibatkan diri untuk bergotong royong menyumbangkan Makanan tradisional daerah dalam setiap kegiatan acara beseprah yang dilaksanakan setiap tahunnya sehingga dapat dinikmati bersama masyarakat sesuai pilihan dan seleranya masing-masing. (Prokom02)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: http://localhost:8041

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini243 pengunjung
Minggu Ini2.737 pengunjung
Bulan Ini10.499 pengunjung
Total Pengunjung255.722 pengunjung
Total Klik11.846.162 Kali