PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Berdirinya Lavuq Ajoq Suleq Tiq Sebagai Tempat Sosialisasi dan Penggerak Roda Ekonomi Masyarakat Melalui UMKM

Ekonomi dan Pariwisata    3 minggu yang lalu   
Administrator    52 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG - Lavuq Ajoq Suleq Tiq (Rumah Besar Perkumpulan Dayak Punan Muara Tiq) merupakan salah satu rumah besar masyarakat Dayak Punan sebagai tempat berkumpul, tempat membangun kebersamaan dalam melestarikan adat istiadat, budaya dan membangun silahturahmi diantara warga masyarakat.

 

"Atas nama pemerintah daerah saya berharap Lavuq Ajoq Suleq Tiq menjadi tempat untuk berdiskusi bersama dalam pengembangan masyarakat suku Dayak Punan, bahkan tempat komunitas sosial antara warga dalam membangun kerukunan dan mewujudkan kedamaian, serta sebagai tempat dalam pengembangan ekonomi masyarakat sehingga berdampak pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," kata Bupati Edi Damansyah saat meresmikan Lavuq Ajoq Suleq Tiq di Desa Muara Tiq, Selasa (07/06/2022).

 

Lebih lanjut Edi juga mengatakan fungsi rumah besar tersebut selain sebagai tempat bersosialisasi bersama masyarakat, juga sebagai tempat penggerak roda ekonomi melalui usaha mikro kecil menengah (UMKM) maupun karya-karya kerajinan yang bercorak kekhasan masyarakat Dayak Punan, kedepannya akan direncanakan dan diprogramkan bagaimana pemasarannya, sehingga dapat menambah pendapatan ekonomi masyarakat.

 

"Pemkab Kukar memiliki tanggungjawab dalam mensejahterakan dan membuat masyarakatnya berbahagia. Pemkab Kukar berkomitmen akan terus berupaya memenuhi kebutuhan dasar, baik infrastrukur jalan, listrik maupun air bersih, Pemkab juga mengharapkan dukungan dan sinergitas dari masyarakat setempat untuk bersama sama membangun dan mendukung pelaksanaan program pemerintah kedepannya," katanya

 

Bupati mengapresiasi dan mengucapkan trimakasih kepada seluruh masyarakat dan pihak yang terlibat dalam Pembangunan rumah besar perkumpulan Dayak Punan Desa Muara Tiq hingga bisa difungsikan secara optimal dalam berbagai kegiatan masyarakat dalam menunjang pembangunan SDM di Desa Muara Tiq.

 

Sementara itu Kepala Desa Muara Tiq Shielams mengatakan sangat bersyukur saat ini masyarakat Desa Muara Tiq boleh telah memiliki rumah besar perkumpulan dayak punan yang representatif dan sudah bisa difungsikan.

 

"Atas nama kepala desa dan masyarakat kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada bapak Bupati Kukar yang sudah mensuport pembangunan rumah besar perkumpulan serta diresmikan langsung oleh bupati, sehingga mulai sekarang sudah bisa kami fungsikan. selain itu kami juga mengucapkan terima kasih atas dukungan pihak perusahaan serta masyarakat yang selama ini sudah banyak membantu terbangunnya rumah besar perkumpulan" ujarnya.

 

Tambahnya Shielams juga mengharapkan pemkab terus memperhatikan desa Muara Tiq khususnya Kecamatan Tabang agar lebih baik dan maju lagi pembangunan infrastruktur maupun Sumber Daya Manusia. 

 

Hadir pada acara tersebut Kaban Kesbangpol Rinda Desianti, Kepala DPMD Kukar Irianto, Kepala Disprindak Kukar Boma dan beberapa stakholder terkait (Prokom 09).


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kopidoni.com

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini373 pengunjung
Minggu Ini3.169 pengunjung
Bulan Ini13.278 pengunjung
Total Pengunjung196.905 pengunjung
Total Klik7.787.766 Kali