PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

BPBJ Adakan Sosialisasi Dan Bimtek Pengadaan, Melalui Marketplace Mbizmarket

Ekonomi dan Pariwisata    2 minggu yang lalu   
Administrator    98 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Bagian Pengadaan Barang Dan Jasa (BPBJ) melaksanakan soialisasi dan bimbingin teknis belanja langsung pengadaan barang dan jasa melalui Marketplace/Mbizmarket bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkungan Pemkab Kukar, acara dibuka oleh Sekda Kabupaten Kukar H Sunggono, berlangsung di Ruang Serbaguna Kantor Bupati Kukar, Selasa (14/06/22).

 

Dalam laporannya Kepala Bagian BPBJ Aspianur Sandi mengatakan sebagai dasar pelaksanaan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan Instruksi Presiden Republik Indonesia (Inpres) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Koperasi dalam rangka Menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada Pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah. 

Inpres tersebut selain ditujukan kepada para Menteri Kabinet Indonesia Maju, juga ditujukan kepada para Gubernur, serta para Bupati/Wali Kota.  

Khusus kepada para Kepala Daerah, Gubernur, serta para Bupati/Wali Kota diinstruksikan agar menambahkan layanan pendaftaran bagi pelaku usaha sebagai penyedia barang/jasa pemerintah pada mall pelayanan publik daerah, termasuk layanan konsultasi pendaftaran sebagai merchant pada Penyelenggara Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PPMSE), kemudian mendorong percepatan produk dalam negeri dan/atau produk usaha mikro, usaha kecil, dan koperasi pada masing-masing daerah untuk tayang dalam Katalog Lokal atau Toko Daring, serta memerintahkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk Belanja Produk Dalam Negeri, Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Koperasi melalui Katalog Lokal atau Toko Daring.

 

“Kita sebenarnya sudah mempunyai Perbup nomor 74 tahun 2021 tentang gerakan bena dan beli produk daerah, sebenarnya Kukar sudah mendahului gerakan tersebut untuk para pelaku UMKM. Adapun tujuan dari Bimtek ini agar para pelaku pengadaan PPK, Pejabat Pengadaan dan Bendahara maupun bendahara pembantu dan para pelaku UMKM dapat mengimplementasikan amanat instruksi Presiden tentang percepatan peningkatan penggunaan produk dalam negeri dan produk UMKM dalam rangka mensukseskan gerakan bangga menggunakan produk Indonesia,”ungkapnya.

 

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) bekerjasama dengan Bankkaltimtara untuk sponsor dengan sasaran agar para pelaku pengadaan PPK, Pejabat Pengadaan dan Bendahara maupun bendahara pembantu dan para pelaku UMKM dapat menggunakan aplikasi bila pengadaan yang difasilitasi oleh LKPP. 

 

 “Untuk peserta 168 orang dari 56 OPD masing – masing perangkat daerah menugaskan 3 orang dan diikuti pelaku usaha lokal 89 orang dan transaksi perdana akan dilakukan pada tanggal 20 Juni 2022, Jika ada OPD yang ingin lakukan transaksi pertama nanti silahkan untuk melakukan pendaftaran misalnya belanja ATK, makan minum dan Souvenir,”ujar Sandi

 

Sementara dalam sambutan Bupati Kukar Edi Damansyah yang disampaikan Sekda H Sunggono mengungkapkan saat ini Pemerintah Kabupaten Kukar telah merespon terhadap Instruksi Presiden tersebut dengan membentuk Tim Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) yang tugasnya yaitu melakukan koordinasi, pengawasan dan evaluasi pelaksanaan pedoman penggunaan produk dalam negeri di lingkungan masing-masing instansi. Menginstruksikan kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah agar Wajib merencanakan, mengalokasikan dan merealisasikan paling sedikit 40% (empat puluh persen) dari nilai anggaran belanja barang/jasa yang dikelolanya untuk penggunaan produk usaha mikro, usaha kecil dan koperasi. 

 

“Saya tambahkan untuk informasi yang dapat saya sampaikan bahwa berdasarkan data yang ada di SIRUP untuk rencana barang dan jasa tahun 2022 itu rencana penggunaan produk dalam negeri kita berdasarkan data yang dipunyai 92,8 persen, sebenarnya komitment OPD untuk menggunakan produk UMKM sudah cukup tinggi. Selanjutnya untuk terus berlanjut komitmennya kali ini kita mempertemukan OPD dengan para pelaku usaha melalui media ini,”katanya.

 

Lebih lanjut katanya untuk percepatan peningkatan produk usaha mikro, usaha kecil, dan koperasi dilakukan dalam bentuk Program Kredit Kukar IDAMAN yaitu Fasilitas Kredit yang ditujukan kepada para pelaku UMKM khusus wilayah Kabupaten Kukar pada sektor Pertanian, Perikanan, Pengolahan, Perdagangan dan Jasa dengan Bunga 0,00% (nol persen), Biaya Rendah dan Proses Cepat. Lembaga Jasa Keuangan yang ditunjuk oleh Pemerintah Kabupaten Kukar sebagai penyalur Kredit Kukar Idaman tersebut adalah Bankaltimtara. Sejalan dengan Program Kredit Kukar IDAMAN yang ditujukan kepada para pelaku UMKM, maka untuk meningkatkan jumlah transaksi belanja Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah kepada Usaha Mikro dan Kecil (UMK) Lokal Pemkab Kukar melakukan bimbingan teknis kepada Pelaku Pengadaan dan Pelaku Usaha agar dapat memahami tata cara belanja pemerintah melalui PPMSE Toko Daring. 

Kemudian Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah saat ini telah memfasilitasi penerbitan sertifikasi produk Usaha Mikro, Usaha Kecil dan Koperasi, juga mempromosikan dan menyelenggarakan business matching antara Pelaku Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Koperasi sebagai supplier kepada Publik dan Organisasi Perangkat Daerah sebagai pembeli. Agar program UMKM Go Digital melalui Penyelenggaraan Perdagangan melalui Sistem Elektronik dapat berjalan sesuai harapan maka Dinas Komunikasi dan Informatika sudah memperkuat infrastruktur telekomunikasi yang tersebar di 18 Kecamatan. Pemerintah Kabupaten Kukar juga saat ini telah melakukan tahap penyusunan perubahan terkait regulasi penyederhanaan terhadap dokumen administrasi pertanggungjawaban belanja melalui Sistem Elektronik.

 

“Untuk paket belanja komoditas yang diperuntukan untuk para pelaku UMKM local yang sudah masuk ada 472 paket senilai 93 M, semoga saja Para PPK, Pejabat Pengadaan dan para Bendahara serta para Pelaku Usaha dapat dengan mudah menjalankan peran dan fungsinya masing-masing dalam rangka percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional,”pungkasnya.

 

Selanjutnya dikatakan Pimpinan Divisi Pengembangan dan Digital Banking BanKaltimtara Bobby Daniyal mengatakan tekhnologi semakin berkembang dan banyak sekali merubah gaya hidup baik keseharian dirumah dan tempat aktivitas, tidak menutup kemungkinan bahwa didalam menopang memudahkan pekerjaan maka teknologi diciptakan untuk memudahkan didalam keseharian. Sebagai salah satu solusi digitalisasi pengadaan barang dan jasa bisa dilakukan melalui platforn Mbiesmarket.

 

 “Dalam hal ini Bankkaltimtara hadir sebagai fatner bagi semua untuk memberikan solusi pembayaran, jadi transaksi nanti dilakukan oleh pelaku usaha yang sudah memiliki rekening Bankaltimtara, semoga kehadiran kami bisa membantu memberikan solusi pembayan bagi semua sehingga bisa membantu meningkatkan efisiensi pengadaan barang dan jasa,”harapnya.

 

Dalam acara tersebut menghadirkan sebagai pembicara Usran Masahere Trainer Mbizmarket dan Muhammad Dipo Nugroho Account Executive Kaltim. Pelaksaan berlangsung dari tanggal 14 – 17 Juni 2022. (Prokom06)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kopidoni.com

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini369 pengunjung
Minggu Ini3.165 pengunjung
Bulan Ini13.274 pengunjung
Total Pengunjung196.901 pengunjung
Total Klik7.787.633 Kali