PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Bukit Biru Punya Bank Sampah

Ekonomi dan Pariwisata    6 tahun yang lalu   
   1553 Kali

Sumber Foto: Warga Bukit Biru Tenggarong yang tegabung dalam Bank Sampah sedang memilah sampah plastik untuk diaur ulang.(joe)

TENGGARONG – Warga RT 13 Kelurahan Bukit Biru kini memiliki bank sampah yang diberi nama “Pemuda Jaya”. Bank sampah ini untuk mengumpulkan sampah-sampah khususnya yang non organik, seperti botol plastik bekas minuman, kaleng, kardus hingga ban mobil bekas di sekitar wilayah Bukit Biru.

Ketua RT 13 Kelurahan  Bukit Biru, Ridaman mengatakan limbah yang tidak berguna ini masih memiliki nilai ekonomis. Nanti kita mamfaatkan untuk keindahan dan penghijauan atau dijual ke pemulung. “Ban mobil bekas kita mamfaatkan untuk membuat pot bunga.

“Sebab kita tidak mampu membeli sendiri jadi kita mamfaatkan ban bekas saja,” ujarnya. Pot bunda dari ban bekas ini sebagian sudah ada dipasang di sepanjang jalan poros lingkup RT 13 Bukit Biru, sebagian lagi masih dalam proses pembuatan. “Dimaksudkan untuk memperindah juga  penghijauan lingkungan sekaligus mempersiapkan  penilaian Piala Adipura kota Tenggarong Maret nanti.   Untuk  operasional bank sampah warga sepakat membentuk kepengurusan dan mencarikan tempat mengumpulkan sampah sekaligus sebagai Sekretariat yang berada  di Jl Surakarta 2.

“Kepengurusan dan petugas pengambil sampah hingga petugas pencacah sampah, sudah terbentuk ” tutur Ridaman. Petugas-petugas tersebut tidak dibayar sepeserpun, mereka bertugas secara sukarela.  Menurutnya warga juga sudah mengetahui bagaimana memilah sampah organik dan non organik yang bisa dimanfatkan lagi. Namun sampai sekarang warga tidak memiliki alat memadai untuk memamfaatkan sampah organik menjadi pupuk kopos atau komposter, sehingga sampah organik nilai lebihnya tidak bisa dimanfaatkan. Yang jelas semangat warga sangat tinggi dalam mengendalikan sampah kendati  erkendala peralatan. “Seperti  pencacah sampah dan  gerobak sampah,” demikian pungkasnya.(hms-di01)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini74 pengunjung
Minggu Ini1.261 pengunjung
Bulan Ini5.023 pengunjung
Total Pengunjung78.270 pengunjung
Total Klik2.082.230 Kali