PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Bupati Kukar Hadiri Launching Gernas BBI

Ekonomi dan Pariwisata    2 minggu yang lalu   
Administrator    93 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah menghadiri peluncuran Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI), di Plenary Convention Hall Sempaja Samarinda, Selasa (12/10/21).

 

Gernas BBI dilaunching oleh 3 Menteri diantaranya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Maves) Luhut Binsar Pandjaitan memimpin launching, Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Ida Fauziah, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar, Direktur Penunjang Bisnis PT Pertamina Dedi Sunardi dan Gubernur Kaltim Isran Noor ditandai dengan menabuhkan drum bersama-sama.

 

Gernas BBI merupakan program pemerintah untuk optimalisasi produk buatan Indonesia yang dihasilkan UKM dan UMKM. Dengan harapan mampu mempercepat memulihkan ekonomi nasional pasca kebijakan pembatasan yang diambil selama melonjaknya kasus Covid 19 di Indonesia.

 

Gubernur Kaltim Isran Noor mengucapkan terima kasih dan bangga Kaltim dipilih sebagai tempat untuk menggelar launching Gernas BBI.

 

"Kami bangga sekali bisa dipilih sebagai tempat untuk Launching Gernas BBI, diharapkan nantinya melalui kegiatan ini produk UMKM di kaltim dan Indonesia semakin dicintai masyarakat sehingga selalu membeli produk buatan lokal Indonesia kita harus bangga dengan produk sendiri," ucapnya.   

 

Selanjutnya Menko Maves Luhut mengatakan Gernas BBI mendorong 16 juta UMKM onboarding.

 

"Jika masyarakat cinta dan selalu membeli produk lokal akan berdampak pada kebangkitan dan perkembangan UMKM sehingga menjadi motivasi meningkatkan produk UMKM sendiri," katanya.

 

Luhut juga membahas potensi Game (Gim) begitu besar untuk dikembangkan karena bisa mencapai Rp 24 trilyun,"Game Industri ini sangat penting dan pemerintah siap mendorong industri game hasil karya anak negeri tentu kontennya mendidik dan positif untuk dikembangkan dan itu bisa memajukan perekonomian kita,"bebernya.

 

Sedangkan Mendes PDTT Halim mengungkapkan Gernas BBI banyak membantu menginspirasi usaha UMKM termasuk BUMDes dan BUMDesma untuk tumbuh berkembang sehingga memulihkan desa dan memulihkan ekonomi nasional,"Gernas BBI 2020 berhasil menaikan lebih dari 3,8 juta UMKM dan BUMDes kedalam platform digital. Dengan tema Go Borneo kali ini diharapkan dapat membangkitkan semangat mengenalkan, mengembangkan, memajukan dan memperluas pemasaran UMKM dan BUMDes khas Kaltim,"harapnya.

 

Gubernur BI Perry Warjiyo menyebutkan sebanyak 11,4 juta UMKM sudah tersambung dengan platform digital melalui QR Code Indonesia Standard (QRIS), pencapaian diperkuat dengan peran kantor - kantor perwakilan BI, target Tahun 2021 sebanyak 12 juta UMKM bisa tersambung dengan QRIS akan tercapai dan ini sangat mempermudah pembayaran UMKM.

 

Selain dihadiri langsung Kepala Daerah kabupaten dan Kota di Kaltim, juga dihadiri peserta seluruh Indonesia melalui daring dan tetap melakukan Prokes.(Prokom06)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini214 pengunjung
Minggu Ini1.927 pengunjung
Bulan Ini6.397 pengunjung
Total Pengunjung110.280 pengunjung
Total Klik2.881.889 Kali