PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Desa Pela Raih Juara III Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022 Kategori Kelembagaan

Ekonomi dan Pariwisata    1 bulan yang lalu   
Administrator    111 Kali

Sumber Foto: Prokom

Jakarta - Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rendi Solihin menghadiri malam anugerah dan pameran Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 "Dari Desa Untuk Indonesia Bangkit", di Gedung Sapta Pesona Kemenparekraf, Jakarta Pusat, Minggu (30/10/22).

 

ADWI 2022 merupakan bentuk apresiasi atas keberhasilan desa wisata dalam mengembangkan Desa Wisata berkelanjutan, berdaya saing global, dan berkelas dunia.

 

Acara tersebut juga dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal & Transmigrasi Budi Arie Setiadi dan dimeriahkan oleh penampilan Raffi Ahmad, Ayu Dewi dan Grup Band Armada.

 

Kukar menampilkan Desa Wisata Pela, Kecamatan Kota Bangun dan pada malam hari ini mendapatkan juara III pada Kategori kelembagaan pada ADWI 2022. 

Saat di temui usai acara Rendi Solihin Wakil Bupati Kukar mengatakan bahwa Kukar patut berbangga karena pada hari ini salah satu desa mendapatkan Juara pada kategori kelembagaan untuk desa wisata dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Kutai Kartanegara khusunya Desa Pela harus berbangga karena menjadi satu-satunya daerah di Kaltim yang mendapat penghargaan berturut-turut dari kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Rendi berharap apa yang disampaikan salah satu Mentri yang hadir yaitu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono tentang penuntasan infrastruktur bisa segera terealisasi. "Yang saya harapkan bukan hadiah pada malam ini tetapi janji kementrian untuk menuntaskan infrastruktur pelayanan dasar khusus nya konveksifitas antar wilayah," ungkapnya.

 

Dia juga menjelaskan bahwa bila ingin ke Desa Pela butuh berjuangan karena masih banyak kondisi jalan yang rusak dan statusnya merupakan jalan negara baik itu jalan provinsi maupun jalan nasional dan kabupaten tak bisa membangun sendiri perlu kolaborasi yang baik untuk membangun jalan konveksifitas antar wilayah yang ada di Kutai Kartanegara.

"Kita tunggu kolaborasi kementerian khusunya PUPR untuk menunjang akses pembagunan sehingga Desa Pela bisa menjadi tujuan wisata nasional karena banyak pengunjung yang ingin kesana terkendala sarana jalan yang masih rusak.

Walau masih berbentuk janji tambah Rendi, ia berharap kementrian PUPR bisa merealisasikan jalan antar wilayah bagi para peserta ADWI 2022 yang mendapat juara sebagai hadiah.

Untuk Pokdarwis di Kutai Kartanegara pinta Rendi, bisa menjadikan hal ini sebagai motivasi dan semangat karena di 183 Desa dan 44 kelurahan yang ada di Kutai Kartanegara memiliki banyak potensi wisata yang bisa dikembangkan.

"Wisatadi Kutai Kartanegara tak kalah indah dan bagus jadi mari kita sama-sama mengembangkannya"pinta Rendi.

Di tahun mendatang masih banyak kategori -kategori yang sangat penting bisa di perebutkan dan mari berbenah diri dan terus belajar untuk penguatan dan pengembangan pariwisata di Kukar.

Ia mengatakan bahwa ditahun mendatang kegiatan seperti ini terus dilaksanakan agar menjadi motivasi daerah untuk terus membangkitkan sektor pariwisata agar menunjang perekonomian masyarakat dan pendapatan asli daerah Kabupaten Kutai Kartanegara.

"Belajartak perlu jauh-jauh, belajar cukup di Kutai Kartanegara, seluruh Pokdarwis belajar dan datang ke Desa Pela, lihat bagaimana Desa Pela mengembangkan pariwisatany"tegas Rendi.

Dengan penekanan tersebut artinya Desa Pela sudah bisa menjadi rujukan untuk belajar Pokdarwis di Kalimantan Timur.

Diakhir Rendi memberi semangat kepada Seluruh Pokdarwis yang ada di Kutai Kartanegara untuk tetap semangat dan tak perlu lagi jauh-jauh belajar, cukup datang ke Desa Pela dan contoh bagaimana Desa Pela bisa mengembangkan wisata sehingga bisa dilirik oleh kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.(Prokom08)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: http://localhost:8041

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini243 pengunjung
Minggu Ini2.737 pengunjung
Bulan Ini10.499 pengunjung
Total Pengunjung255.722 pengunjung
Total Klik11.846.288 Kali