PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Disperindag Kukar Berikan Fasilitas Perizinan Gratis Bagi Pelaku UMKM

Ekonomi dan Pariwisata    1 bulan yang lalu   
Administrator    171 Kali

Sumber Foto: Prokom

Tenggarong - Guna mendongkrak sektor ekonomi lokal Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melakukan pembinaan dan memberikan fasilitas gratis kepada para pelaku bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). 

Kegiatan fasilitasi sertifikasi Produk Industri Rumah Tangga (PIRT) melalui Penyuluhan Keamanan Pangan (PKP) dilaksanakan Bidang Industri Disperindag Kukar di Ruang Serbaguna Hotel Lizha Tenggarong ,Rabu (07/10/2020). Agenda tersebut dalam rangka upaya mendongkrak perekonomian di Kabupaten Kukar.

Sekretaris Disperindag Hendra Ciptadi mengatakan, pihaknya terus melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan perekonomian lokal, sosialisasi dan memberikan pelatihan bagi pelaku UMKM terus diadakan, dan tentunya bimbingan membuat produk dan packaging hingga proses perizinan sampai ke tingkat pemasaran modern. 

“Kegiatan ini merupakan upaya pemerintah dalam rangka mendorong dan meningkatkan pelaku UMKM untuk berkompetensi di dalam pengelolaan sampai pemasaran PIRT, termasuk pembuatan perizinan bersertifikat PIRT yang bekerjasama dengan dinas Kesehatan" katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Perindustrian Sarimin mengatakan, di masa pandemik Covid-19 saat ini kegiatan tersebut merupakan salah satu meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Kukar untuk terus berinovasi dan meningkatkan kreativitas di dalam produksi rumahan.

"Sejak dulu UMKM memiliki peran sangat besar bagi menyokong perekonomian sebuah negara, tentunya kualitas SDM menjadi prioritas yang harus ditingkatkan dan ditumbuhkembangkan dalam berkarya maupun berinovasi terhadap produk olahan rumahan, sehingga dampak dari perkembangan UMKM dapat menciptakan dan menyerap tenaga kerja yang ada d kabupaten Kukar" ungkapnya

Lebih lanjut Sarimin mengharapkan agar para pelaku usaha dapat mengembangkan usahanya secara bersama-sama dengan Pemerintah Kabupaten Kukar, tentunya usai mendapatkan pelatihan dan sertifikasi PIRT bisa memasarkan produk-produknya lebih meluas dan bisa masuk pasar modern.

"Jadi, Bapak-Ibu, sudah banyak yang kita lakukan untuk meningkatkan kemajuan UMKM dan usaha, maka saya harap Bapak-Ibu, harus semangat. Semangat untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas usaha kita,” harap Sarimin.

Lanjutnya Sarimin memaparkan pihaknya senantiasa mendampingi para pelaku UMKM di Kukar untuk maju, dan lebih eksis terlebih di tengah pandemi Covid-19.

"Di tengah pandemi covid 19 perekonomian di di Kabupaten Kukar mulai melemah. Sehingga pihaknya mengharapkan UMKM tidak stagnan atau berhenti, apalagi sampai tutup, tentunya kami terus mendorong dan memfasilitasi mereka agar mampu survive (bertahan) terhadap produk usaha mereka masing-masing,” tuturnya.

Untuk diketahui kegiatan tersebut di ikuti 20 orang peserta dari 2 kecamatan Samboja dan Kecamatan Kota Bangun dengan narasumber Halimatus Sakdiah dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kukar. (Prokom 09)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini27 pengunjung
Minggu Ini437 pengunjung
Bulan Ini1.510 pengunjung
Total Pengunjung55.537 pengunjung
Total Klik1.451.955 Kali