PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Gelar TTG ke-VII Kaltim 2022, Kisah Posyantek Kumala Kukar Produksi Pupuk Kompos dan Kebanjiran Order

Ekonomi dan Pariwisata    1 bulan yang lalu   
Administrator    104 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG - Posyantek Kumala Tenggarong Seberang menampilkan cara pembuatan pupuk kompos, di Gelar Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) ke-VIII Tingkat Provinsi Kaltim, di Halaman Stadion Rondong Demang, Tenggarong, digelar pada 25 hingga 27 Juni 2022.

Pupuk Kompos olahan mereka mendapat respons yang baik, bahkan sudah mendapat order dari Kelompok Tani Samboja dan Kaliurang Sangkulirang Kutai Timur.

 

Ketua Posyantek Kumala Tenggarong Seberang, Kukar, Ayib Ikhsan menjelakan beridirnya organisasi tersebut sejak 2009 lalu dan aktif di bidang pertanian sejak 2019. Bahkan, pihaknya telah melakukan kemitraan teknologi dengan berbagai desa. 

Mereka juga aktif dan selalu melakukan survey ke desa-desa di Kukar, memperkenalkan manfaat teknologi. 

Profil dan sasarannya pertama adalah di  sektor pertanian karena Posyantek Kumala berada di tengah tengah desa dan sasaran utama adalah petani konvensional yang masih menggunakan pupuk kimia pestisida atau menggunakan racun.

 

“Dan kabar terburuk bagi petani sekarang adalah harga pupuk yang sangat mahal walaupun sudah mendapat subsidi dan kadar nutrisi kandungan pupuk itu sudah dikurangi ,misalkan satu kwintal  pupuk urea dibandingkan dengan pupuk non subsidi berbanding 2-3 kg kadar persen unsurnya,” jelas Arif.

 

“Semua petani di Kukar mengeluh khususnya  dibidang pertanian. Posyantek Kumala berdiri  Tahun 2009 , namun baru 2 tahun terakhir bergerak aktif setelah melakukan beberapa penelitian sekaligus menginventarisir di lapangan terhadap keluhan para petani khususnya petani sawah, dulu  mereka selalu membakar jerami padi, sedangkan asap jerami padi sangat  mempengaruhi populasi udara disekitar.   Posyantek Kumala terjun bersama sama memberi edukasi kepada para petani , sekaligus memanfaatkan jerami padi. Tahun 2019 Posyantek Kumala mulai bangkit dan  bergerak mengajak para kelompok  petani untuk mengumpulkan jerami dan  membuat pupuk kompos dan berhasil  membuat 12 ton kompos. Kemudian dikembalikan ke sawah lagi dan telah dilakukan penelitian bersama Laboratorium Unmul. Ternyata kandungan jerami mempunyai unsur yang sangat lembab sekali unsur pupuknya, mulai dari pospat, nutrigen dan kalium. Dan hasilnya sangat menggembirakan , bahkan langsung diadakan panen raya yang dilakukan oleh Bupati Kukar  Rita Widyasari pada saat itu. Hasil dari olahan pupuk kompos  dan ini semi organik ini terus lah berkembang hingga sekarang  dan  merupakan salah satu produk unggulan Posyantek Kumala Kukar,  sasaran utama adalah sektor pertanian, karena 70 persen adalah petani murni dan  30 persen warganya adalah PNS,guru, buruh ataupun , pedagang,” ungkap Arif, memaparkan di hadapan dewan juri.

Saat ini, pupuk kompos sudah diorder  ke Samboja 10 ton, tiga drum ke  Kaliurang Sangkulirang Kutim.  Keunggulan bukan hanya pupuk kompos, tapi triple kompos. Di mana kompos ini multiderma bahan aktif untuk pengendali jamur layu pusarium yang menyebabkan tanah itu menjadi banyak penyakit di dalam tanah itu sendiri. 

Akhirnya para petani khususnya di Bukit Pariaman Tenggarong Seberang ada 35 hektar di kelompok Petani Sumber Sari didemplotkan tanaman organik . Posyantek Kumala juga bergerak pembeli sampah organik menjadi pupuk organik atau pupuk cair yang berasal dari kulit kacang,kates dll. 

Ternyata, pupuk cair atau organik hasil olahan Posyantek Kumala mempunyai nilai terbaik atau tertinggi berdasarkan hasil tes laboratorium. Dan saat ini kebanjiran orderan dari kelompak Tani Bakungan Loa Janan 100 liter, Kaliorang Kutim sebanyak tiga drum besar. Dan setiap tahun pihaknya selalu melakukan kerja sama atau pelatihan dengan Mahasiswa Unmul dibidang pertanian yaitu tentang pembuatan kompos, pupuk cair dan pestisida nabati. 

Intinya sasaran utama Posyantek Kumala Kukar yaitu bersasar kepada teknologi organik back to natur ( kembali kealam ),  edukasinya kepada seluruh lapisan masyarakat sampai Samboja, Kaliurang Sangkulirang ,Tenggarong Seberang di 18 desa. 

“Dan alhamdulillah sudah menghasilkan nilai ekonomis yang tinggi, dan keuntungan bagi anggota kelompok Posyantek Kumala,”  jelas Arif. (Prokom 03).


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kopidoni.com

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini49 pengunjung
Minggu Ini2.926 pengunjung
Bulan Ini11.789 pengunjung
Total Pengunjung210.874 pengunjung
Total Klik9.131.923 Kali