PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Grand Final Pemilihan Teruna Dara Kukar

Ekonomi dan Pariwisata    3 minggu yang lalu   
Administrator    219 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG- H Rendi Solihin memberikan semangat kepada anak muda yang di harapkan mampu berperan penting dalam memajukan daerah sekaligus membuka pemilihan Teruna Dara Kutai Kartanegara 2021 di Hotel Grand Elty Tenggarong, Sabtu Malam ( 2/10/2021). 

 

Kobarkan semangat yang muda bergerak, muda berkarya dan muda berdaya anak muda Kutai Kartanegara untuk memberikan kontribusi nyata bagi daerah. Memulai untuk bergerak dari sebuah langkah kecil untuk hal – hal besar. Kemudian berkarya guna memberikan kontribusi langsung untuk daerah. Hingga berdaya dan mandiri, memberikan inspirasi untuk anak muda lainnya. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kukar bekerjasama dengan Asosiasi Duta Wisata Indonesia ( Adwindo ) Kukar. 

 

Rendi yakin dan percaya 20 finalis ini merupakan generasi minenial yang terbaik dari hasil tahapan seleksi yang telah dilakukan, untuk itu tetap jaga sikap sportivitas dan toleransi berkompetisilah secara sehat. Dipenghujung acara ini tentunya akan muncul yang terbaik dari semua yang baik disini, maka tidak perlu berkecil hati tapi muncullah sebagai anak muda yang tangguh dan bisa ikut bergerak dan membangun daerah melalui pariwisata, budaya dan ekraf. 

 

Rendi Solihin  juga mengingatkan bahwa IKN di depan mata, dan ia menyadur dari kawan – kawan milenial yang menyebut AKAMSI ( Anak Kampung Sini ) tidak boleh terlena dan harus berperan aktif dalam mengambil peran sehingga tidak menjadi penonton pada saat terjadi gelombang datangnya puluhan bahkan ratusan generasi muda lain sebagai dampak pindahnya ibukota ke Kutai Kartanegara. Jalan di taman memakai sandal, kuncup teratai dihalaman, jadilah duta wisata yang handal, untuk pariwisata Kukar Idaman. 

 

Pemkab Kukar akan menggelar berbagai even pariwisata sesuai dengan visi dan misi Kukar Idaman yang telah tertuang didalam RPJMD 2021 – 2026, ada 6 ( enam ) visi dan 23 program dedikasi dimana salah satu program dedikasinya yaitu  Kukar  Even Festival dan ini menjadi pembangkit perekonomian disektor UMKM dan Pariwisata di Kukar . Insya Allah ada 100 ( seratus )  macam festival dalam lima tahun kedepan , dan ini sekaligus dalam rangka meningkatkan dan menumbuh kembangkan peran para UMKM di Kukar yang tercatat sekitar 64 ribu pelaku  UMKM yang butuh bantuan Pemkab Kukar  baik dalam bidang modal usaha, promosi usaha sehingga didalam program edukasi Kukar Idaman para pelaku UMKM bisa bangkit kembali dan tetap eksis di Kukar, jelas Rendi Solihin. 

 

Ketua Panitia Pelaksana Plt kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kukar Tauhid Aprilian Noor mengatakan, ajang Teruna Dara merupakan salah satu bentuk wadah yang tepat dalam meningkatkan dan mengembangkan potensi diri sembari ikut berkontribusi bagi daerah, hal ini sejalan dengan visi pembangunan jangka panjang daerah yang sedang kita susun yaitu : “ Terwujudnya Kutai Kartanegara yang sejahtera dan berbahagia “.  Kutai Kartanegara (Kukar) Kalimantan Timur (Kaltim) kini memang tengah berbenah diri dalam mening katkan sektoril pariwisatanya, dalam meujudkan itu tentunya dibutuhkan peran berbagai pihak termasuk diantaranya peran Teruna Dara Kukar maupun Putri Pariwisata Kukar.  Melalui kegiatan ini mampu melahirkan SDM yang bisa ikut mempromosikan pariwisata Kukar dimata para wisatawan lokal maupun nasional,” ujarnya. 

 

Menurut ketua panitia Nourial Aqsha mengatakan, kegiatan ini diikuti sebanyak  83 orang yang berasal dari 14 kecamatan di Kukar,  Peserta harus memiliki wawasan yang baik tentang pengetahuan umum, budaya, dan pariwisata, memahami Bahasa Kutai maupun Indonesia, diutamakan menguasai salah satu kesenian dan Kebudayaan Kukar, belum menikah, berkepribadian baik dan menarik. Dari berbagai hasil tes seleksi dan wawancara  ditetapkan 20 finalis yang masuk babak final yang berasal dari 7 Kecamatan di Kukar Ajang Pemilihan Teruna Dara Kabupaten Kutai Kartanegara. Bertindak selaku dewan juri dalam acara malam grand final pemilihan teruna Dara 2021 yaitu, H rendi Solihin ( Wakil Bupati Kukar ), Novita Fitriani ( Mantan Dara Kukar  ),  H  Achmad Zulfiansyah dan Ria Handayani ( Anggota DPRD Kukar ) serta Catur DPC Asosiasi Duta Wisata Indonesia ( Adwindo ) Kukar. ( Prokom 03 ).


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini182 pengunjung
Minggu Ini1.895 pengunjung
Bulan Ini6.365 pengunjung
Total Pengunjung110.248 pengunjung
Total Klik2.881.340 Kali