PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Kadispar Kukar Hadiri Upacara Pelas Benua

Ekonomi dan Pariwisata    2 bulan yang lalu   
Administrator    78 Kali

Sumber Foto: Prokom

Tenggarong - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang diwakili Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kukar Slamet Hadiraharjo hadiri pelas Benua yang dilaksanakan Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, pada malam keempat ritual tersebut, Rabu (28/09/2022) 

 

Ritual Bepelas merupakan salah satu upacara sakral yang dilaksanakan Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, setiap malam selama berlangsungnya pesta Erau Adat Kutai yakni Pelas Benua dengan tema "Erau Kutai Lawas, Balik Asal Kutai Lawas, Tunduk Sabda Sang Meruhum".

 

Sebelum melakukan ritual Pelas Benua seorang Dewa melakukan ritual belian di depan Museum, usai melakukan ritual Belian sangat Dewa menuju ke Museum untuk melakukan pembacaan mantra oleh seorang Dewa, dimana mantra tersebut dimaksudkan untuk menjaga ketentraman, kedamaian di tanah kutai serta menambah kewibawaan Sultan. Kemudian dilanjutkan prosesi beberapa tarian oleh para Dewa sambil mengelilingi Tiang Ayu, tak berapa lama kerabat Kesultanan beserta Perwakilan Pemerintah Daerah Kabupaten Kukar yang dalam hal ini diwakili oleh Kadispar Kukar Slamet Hadiraharjo dan juga Camat Sebulu Edi Fakhruddin ikut menari tarian Kanjar Ganjur. 

 

Tari Kanjar Ganjur adalah salah satu jenis upacara kesenian yang merupakan warisan dari Kesultanan Kutai Kertanegara. Tarian ini biasa ditampilkan oleh kerabat istana pada saat penyambutan tamu, pesta perkawinanan, pengangkatan putera mahkota, pemberian gelar dan pada saat pesta upacara Erau.

 

Usai persembahan ini, Sultan Kutai dijemput Belian dan Dewa untuk menjalani ritual Bepelas. Puncak dari Bepelas, Sultan menginjakkan kakinya ke Gong Raden Galuh dimana bersamaan dengan Sultan menginjakkan kakinya di atas gong, suara ledakan meriam terdengar dari arah dermaga depan museum Mulawarman. Jumlah ledakan meriam ini disesuaikan dengan hari pelaksanaan bepelas. Untuk bepelas malam keempat maka ledakan meriam sebanyak empat kali, demikian seterusnya.

 

Setelah ritual Bepelas, Sultan bersama para tamu undangan dan kerabat kesultanan melakukan jamuan makan malam di ruang makan keraton dan dilanjutkan dengan persembahan tari-tarian di ruang Setinggil Keraton di mana para tamu undangan didaulat turut menari bersama Sultan Kutai Ing Martadipura.

 

Untuk diketahui, selain tari Kanjar laki ada juga tari kanjar bini, tari dewa, tari dewa memanah, dan tari Kanjar Ganjur yang dilakukan pada malam bepelas. (Prokom09)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: http://localhost:8041

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini262 pengunjung
Minggu Ini2.756 pengunjung
Bulan Ini10.518 pengunjung
Total Pengunjung255.741 pengunjung
Total Klik11.847.258 Kali