PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Kukar Dukung Lapangan Gas South Mahakam

Ekonomi dan Pariwisata    9 tahun yang lalu   
   1124 Kali

Sumber Foto: Staf ahli Bupati bidang Politik Salmon Zakaria membacakan sambutan Bupati pada acara peresmian lapangan Gas South Mahakam di Senipah Samboja.

TENGGARONG, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) merupakan salah satu daerah di Provinsi Kalimantan Timur yang memiliki struktur ekonomi yang cenderung didominasi oleh sektor primer, terutama pada sektor pertambangan dan penggalian, hal ini disampaikan Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari dalam sambutannya yang dibacakan Staf ahli bidang politik Salmon Zakaria pada peresmian Lapangan Gas South Mahakam di Senipah Samboja, Kamis (17/1) Lalu.


Lebih lanjut Rita mengungkapkan kondisi tersebut tergambar dari distribusi PDRB dengan migas pada tahun 2011, dari nilai PDRB sebesar 123,4 trilyun rupiah, prosentase untuk nilai bruto sektor pertambangan dan penggalian sebesar 84,98 persen, "Sedangkan khusus untuk sub sektor minyak dan gas bumi sebesar 57,93 persen" Ujar Rita.

Namun kendati demikian tambahnya pada kurun waktu tiga tahun terakhir terjadi trend penurunan produksi pada sub sektor minyak dan gas bumi, yakni pada 2009 minus 0,22 persen, tahun 2010 minus 0,25 sedangkan pada tahun 2011, terjadi penurunan yang sangat tajam yaitu minus 9,5 persen, tentunya kondisi ini memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Kukar.Berkaitan dengan peresmian lapangan gas south Mahakam, pemkab Kukar mendukung penuh pelaksanaan proyek ini, sebagai manivestasi dari komitmen bersama untuk saling bahu - membahu dalam proses pembangunan, dengan terus melakukan penguatan sinergitas antar stakeholder.

Gubernur Kaltim Awang Farouk Ishak mengatakan setelah kontrak pengelolaan blok Mahakam oleh Total E&P Indonesie berakhir pada tahun 2017, hendaknya pengelolaan blok mahakam diambil alih oleh pemerintah, sedangkan Total diharapkan untuk mencari blok - blok baru yang masih banyak yang belum dikelola.
Pengelolaan Blok Mahakam tambah Awang bisa diserahkan pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), "Kita beri kesempatan BUMN maupun BUMD kita untuk melakukan pengelolaannya" Ujar Awang.

Sementara itu Kepala Satuan Kerja Khusus (SKK) Migas Rudi Rubiandini, dalam pidatonya  mengatakan peresmian lapangan migas ini merupakan awal kebangkitan dari kondisi menurunnya produksi migas indonesia, dan apa yang dilakukan Total harus didukung karena keberadaan total telah memberikan manfaat bagi daerah maupun nasional, yakni memberikan kotribusi APBN sebesar 35 persen," Model pengeboran minyak seperti ini merupakan rencana jangka pendek yang hanya ada di Total, bukan ditempat lain, jdi tolong jangan diganggu" Ujarnya. Peresmian lapangan Gas South Mahakam ditandai dengan penekanan tombol sirine yang dilakukan secara bersama Gubernur Awang Farouk Ishak, kepala SKK migas Rudi Rubiandini, General manajer TEPI Elizabeth Proust yang disaksikan staf Ahli Bupati bidang Politik Salmon Zakaria. (hmp 12)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kopidoni.com

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini305 pengunjung
Minggu Ini4.370 pengunjung
Bulan Ini16.107 pengunjung
Total Pengunjung180.934 pengunjung
Total Klik5.415.442 Kali