PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Panen Perdana Kodim 0906 Tenggarong

Ekonomi dan Pariwisata    6 tahun yang lalu   
   1047 Kali

Sumber Foto: Wabup Kukar Ghufron Yusuf didampingi Dandim 0906 Letkol Inf Frits Wilem Rizard Pelamonia, Kadis Pertanian Kukar Sumarlan serta perwakilan Distan Prop Kaltim.

TENGGARONG –Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara merasa bangga dan memberikan afresiasi yang tinggi  kepada Dandim dan seluruh jajaran Kodim 0906 yang telah berinisiatif melakukan karya nyata , untuk membantu bagaimana mewujudkan ketahanan pangan yang memadai di Kutai Kartanegara sekaligus turut menyukseskan program gerbang raja yaitu : mensejahteran masyakat yang berkeadilan .
 
Dan kegiatan seperti ini hendaknya patut ditiru oleh SKPD lain  serta dukungan sepenuhnya oleh  Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan maupun dinas instansi terkait lainnya. Demikian dikatakan Wakil Bupati Kukar HM ghufron Yusuf ketika menyampaiakan sambutannya pada acara panen padi perdana yang dilakukan oleh Kodim 0906 Tenggarong di Desa Rempanga kecamatan Loa Kulu, Senin ( 06/10 ) .
 
Tampak hadir pada acara tersebut Dandim 0906 Tenggarong Letkol Inf Frits Wilem Rizard Pelamonia Kukar Camat Loa Kulu Agus Sopian,Kadis Pertanian dan Tanaman Holtikultura Provinsi Kaltim diwakili, Kadis Pertanian Kukar Sumarlan, unsur muspika dan sejumlah undangan lainnya.
 
HM Ghufron juga mengatakan kegiatan ini merupakan pendekatan kemakmuran bukan kedekatan pengamanan , sebagaimana kita ketahui bersama bahwa selama ini kodim identik selalu berurusan dengaan masalah militer saja, namun kali ini kegiataannya sangat bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat.  
 
Perlu di ketahui bahwa Kukar saat ini merupakan salah satu daerah terbesar pemasok beras di Kalimantan Timur. Dan melalui  kegiatan yang dilakukan oleh jajaran Kodim 0906 Tenggarong ini akan menambah pasokan padi sekaligus turut  mempertahankan lumbung padi di Kukar . Provinsi Kaltim saat ini memproduksi rata – rata 500 ribu  ton/ per tahun , sementara  203 ribu ton beras berasal dari Kutai Kartanegara dan Kukar merupakan lumbung padi Kaltim, peran Dandim dan jajarannya akan menambah peningkatan panen padi atau suplay beras di Kaltim . , jelas HM Ghufron.
 
HM Ghufron menyambut baik kegiatan ini sekaligus mendukung program yang akan dilakukan oleh Kodim 0906 Tenggarong ke depan. Namun ia berpesan agar melakukan panca usaha tani diantaranya melakukan pengolahan, pengairan , pembibitan yang berkualitas , pemupukan dsb sehingga hasil yang didapat sangatlah memuaskan. Untuk itu, ia memohon dukungan semua pihak diantaranya Kades Rempanga serta Camat Loa Kulu, Kadis Pertanian Kukar  agar bisa memfasilitasinya sehingga hasilnya lebih baik dan karya nyata Kodim 0906 bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.
 
Sementara itu menurut Dandim 0906 Tenggarong , Letkol Inf Frits Wilem Rizard Pelamonia mengatakan kegiatan ini merupakan program TNI AD khususnya program ini untuk menyukseskan mendukung penuh program Kementerian Pertanian RI tentang ketahanan pangan. Dengan adanya program pemerintah, komandan Kasad memerintahkan seluruh angkatan untuk melaksanakan cetak sawah .
 
Pelaksanaan cetak sawah sesuai arahan pimpinan atas hanya memberikan lahan atau kesempatan untuk 1 ha saja, namun melihat kondisi Kukar yang sangat luas, pihaknya akan melakukan cetak sawah sesuai dengan kemampuan Kodim 0906 Tenggarong. Untuk panen perdana padi yang merupakan pemanfaatan lahan tidur di Desa Rempanga Kecamatan Loa Kulu seluar 4 ( empat ) hektar yang dikerjakan oleh 4 Koramil meliputi Koramil Kecamatan Loa Kulu, Loa Janan, Samboja dan kecamatan Muara Kaman ,dan setiap Koramil dengan jenis padi IR 64 dengan masa tanam selama 4 bulan. Dan bulan depan pihaknya akan membuat cetak sawah lebih luas lagi dan pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak Desa Bukit Raya Kecamatan Tenggarong Seberang. Dan ini perlu dukungan semua pihak sekaligus  menyukseskan program Gerbang Raja, tambah Letkol Inf Frits Wilem Rizard Pelamonia. (hmp4 ).

TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini18 pengunjung
Minggu Ini1.017 pengunjung
Bulan Ini5.024 pengunjung
Total Pengunjung84.685 pengunjung
Total Klik2.291.842 Kali