PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Pekebun Buah Naga Harapkan Pembinaan

Ekonomi dan Pariwisata    6 tahun yang lalu   
   1408 Kali

Sumber Foto: Daging buah naga yang gurih dan lezat ini memungkinkan dikembangkan menjadi komoditas turunannya yang beraneka macam.(joe)

TENGGARONG - Industri makanan dan minuman berbasis agro buah naga sangat mungkin dilakukan. Karena jika diolah lebih lanjut kemudian dikemas dalam skala industri tentu akan memberikan nilai tambah cukup besar.Di Kabupaten Kutai Kartanegara sentra produksi buah naga atau biasa disebut Dragon Fruit ada di Kecamatan Samboja dan beberapa kecamatan lainnya. Dikawasan Samboja saja  ada sekitar 500   hektar tanaman buah naga tumbuh subur yang diusahakan warga petani kebun disana.

Masalahnya sekarang adalah  potensi besar pertanian buah naga tersebut selama ini hanya dijual dalam bentuk buah segar dengan harga perkilo relatif murah.   Padahal jika di olah  buah naga bisa dibuat aneka komoditas turunannya.  Baik dari isi atau dagingnya hingga  kulit buah naga itu sendiri. 

Misalnya  Seperti  membuat menjadi anggur (wine), sirup, Nata de Dragon, Kripik, Dodol, bahan baku es krim,  Cake dan sebagainya.  Melihat potensi budidaya buah naga terutama di Kecamatan Samboja  tentu  suatu peluang   besar mewujudkan Samboja menjadi  sentra industri makanan dan minuman berbasis agro buah naga. Tokoh Warga Kelurahan Bukit Merdeka Samboja Ajib saat ditemui belum lama ini mengaku  hasil kebun buah naga warganya hanya dijual dalam bentuk segarnya saja. Menurutnya untuk di olah lebih lanjut seperti menjadi minuman atau makanan berbasis buah naga  belum terpikirkan samasekali selama ini.

“Karena  sebagian besar warga  baru 5 tahun terakhir ini membudidayakan,” ujarnya.  Dia berharap  Pemkab Kukar melalui SKPD terkait melakukan pembinaan  bagi para pekebun buah naga. Seperti menghadirkan penyuluh pertanian atau Pelatihan Pengembangan Usaha Olahan Buah Naga  dan lainnya.  Diakuinya  saat  panen  buah naga  maka  berpengaruh terhadap harga yang cenderung menurun. Terlebih buah naga  tidak  tahan lama tanpa zat pengawet. “Sehigga upaya  membuat komoditas turunan dari buah naga sangat didambakan warga,” demikian katanya.(hms-di01)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini74 pengunjung
Minggu Ini1.261 pengunjung
Bulan Ini5.023 pengunjung
Total Pengunjung78.270 pengunjung
Total Klik2.082.316 Kali