PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Pelatihan Seni Kriya dan Wastra Se Kukar Dimulai, Bupati: Buat Karya Nilai Ekonomi Terbaik

Ekonomi dan Pariwisata    1 bulan yang lalu   
Administrator    97 Kali

Sumber Foto: prokom

TENGGARONG - Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Kabupaten (Setkab) Kutai Kartanegara (Kukar) Totok Heru Subroto, membuka pelatihan Seni Kriya dan Wastra di Grand Elty Singgasana, Tenggarong, Minggu (26/6/2022) malam. 

 

Kegiatan ditandai pemukulan gendang oleh Asisten III bersama Plt Dispar Kaltim Ivan Riva'i, digelar oleh Dinas Pariwisata (Dispar) Kaltim bekerjasama dengan Dispar Kukar. Diikuti 30 peserta berasal dari 20 kecamatan di wilayah Kukar dengan menghadirkan 5 narasumber dari, para akademisi (Polnes), Komite Kekraf Kukar serta Pengrajin Kukar. 

 

Totok yang membacakan sambutan tertulis Bupati Kukar Edi Damansyah, mengatakan ekonomi kreatif di Kukar pada 2020 sudah disusun Roadmap jalan ekonomi kreatif Kukar namun masih di 9 kecamatan dan tahun ini akan dilanjutkan pada 9 kecamatan lainnya.

 

Gambarannya, kata Totok terdapat 3 subsektor unggulan yaitu Kuliner, Kriya, dan Seni Pertunjukan. Sementara 3 subsektor Potensial yaitu Musik, Film, serta Animasi dan Video.

 

"Karena data di atas sangatlah tepat memilih subseksor Kriya didampingi wastra menjadi materi pelatihan untuk para pelaku ekonomi kreatif di Kukar, karena dari ketiga subsektor unggulan merupakan subsektor yang saling dorong terhadap 14 subsektor lainnya," ujarnya. 

 

Selanjutnya, Totok mengatakan, melihat perkembangan daya tarik wisata baik yang dikelola oleh pihak swasta maupun pertumbuhan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Dalam kurun waktu dua tahun terakhir, memang harus diiringi dengan adanya produk kriya sebagai souvenir khas dari daya tarik wisata tersebut maupun bercirikan Kukar. Sehingga ada sesuatu yang dibeli dan dibawa pulang oleh para wisatawan sebagai cenderamata sekaligus alat promosi secara tidak langsung.

 

"Dan Wastra Kukar memiliki potensi wastra yang baik dan bisa lebih optimal yang sudah di kenal. Yakni ada Batik Melayu Kutai dengan berbagai motif yang digagas oleh Imam Pranowo, ada motif Gasing yang dikenalkan Rumah Budaya Kutai dan ada pula tenun ulap doyo yang tidak hanya menjadi syal dan pakaian.  Tetapi sudah diolah menjadi berbagai macam produk seperti Tas Wanita, Tas Pinggang, Tali Jam Tangan, serta beragam souvenir lainnya," tegasnya. 

 

Lebih lanjut, Totok mengatakan, Wastra bisa berdiri sendiri berupa kain namun jika diberikan sentuhan kreativitas akan menjadi kriya yang punya nilai lebih dengan harga jual dan kekhasan tersendiri.  

 

Kegiatan malam ini, merupakan upaya peningkatan kapasitas SDM pelaku ekonomi kreatif di subsektor Kriya dan Wastra dimana ini, sejalan dengan program dedikasi Bupati dan Wabup Kukar yaitu Kukar Kreatif Idaman dan berperan dalam pencapaian misi ketiga RPJMD yaitu Memperkuat Pembangunan Ekonomi Berbasis Pertanian, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 

 

"Kami berharap, dengan pelatihan ini para peserta mampu berinovasi dengan membuat karya dengan nilai ekonomi yang lebih baik dari sebelumnya. 

 

Manfaatkan kesempatan ini dengan menggali serta menyerap pengetahuan yang disampaikan para narasumber serta saling berdiskusi. Kemudian jadikan momen ini juga untuk membangun jejaring antar peserta sehingga bisa saling menguatkan satu sama lain, tumbuhkan semangat bersinergi dan berkolaborasi," harapnya. 

 

Turut hadir dalam pembukaan acara tersebut, Plt Kadispar Kaltim H.M Irvan Rivai, Kasi Bimas Pokdarwis Dispar Kukar Airin Susanti serta para narasumber. (prokom05)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kopidoni.com

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini62 pengunjung
Minggu Ini2.939 pengunjung
Bulan Ini11.802 pengunjung
Total Pengunjung210.887 pengunjung
Total Klik9.133.292 Kali