PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Pemda Perlu Jaga Inflasi yang Wajar untuk Ciptakan Pertumbuhan Ekonomi Berkesinambungan

Ekonomi dan Pariwisata    2 bulan yang lalu   
Administrator    153 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG - Dalam rangka menjaga kondisi dan stabilitas perekonomian, maka inflasi menjadi salah satu faktor penting dalam stabilitas perekonomian. Sinergi antara pemerintah daerah dengan instansi terkait sangat diperlukan dalam menjaga inflasi yang wajar dan stabil guna menciptakan pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan terutama disaat pandemi Covid-19.

"Berbagai upaya perlu dilakukan untuk mewujudkan stabilitas dan tumbuhnya perekonomian, maka guna mencapai hal tersebut perlu dilakukan koordinasi dan sinkronisasi kebijakan guna pengendalian inflasi untuk mencapai sasaran inflasi yang ditetapkan pemerintah," kata Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah saat membuka acara Rapat Koordinasi Daerah Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Kukar dalam rangka stabilisasi harga dan stok bahan pokok penting menjelang natal 2020 dan tahun baru 2021, secara virtual, diRuang Rapat Bappeda, Rabu (23/12/2020).

Edi mengatakan, perlu pemantauan perkembangan harga dan pasokan bahan pokok secara intensif. Memetakan jalur distribusi bahan pokok, mengindentifikasi masalah jika terjadi gejolak harga, mengidentifikasi keberadaan pelaku usaha distribusi bahan pokok di wilayah masing-masing, berkoordinasi dengan satgas pangan untuk mencegah aksi spekulasi, mengindentifikasi jumlah stok bahan pokok dan ketahanan pangan, serta mengawal kelancaran distribusi sampai pada pasar rakyat, hal tersebut dimaksudkan untuk mengantisipasi kecukupan pasokan bahan pokok wilayah Kukar sejak jauh hari.

"Koordinasi harus dilakukan dan TPID harus mempunyai rencana strategis dan data yang akurat sangat menentukan dalam menangani inflasi ini untuk memastikan bagaimana situasi dan kondisi stok produksi, distribusi, dan konsumsi. Sehingga seluruh pihak berkewajiban memikirkan dan mengurusi persoalan masyarakat harus menjadi perhatian kita semua," tegasnya.

Sekda Kukar Sunggono mengatakan, rapat TPID merupakan agenda wajib bagi anggota TPID Kabupaten Kukar dalam melaksanakan tugas dan fungsinya untuk memberikan masukan dan saran kepada pemerintah daerah.

"Ke depan TPID bisa membuat draf tugas dan rencana strategis agar kegiatan bisa terlaksana. Dan kita bisa mengambil kebijakan tertentu saat ada kelangkaan barang. Agar segera dilakukan operasi pasar dan pihak kecamatan harus menjadi sumber data berupa informasi yang sudah diolah," kata Sunggono.

Rapat juga dihadiri Plt Asisten II Wiyono, instansi terkait, dan TPID Kabupaten Kukar. (Prokom06)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini21 pengunjung
Minggu Ini1.072 pengunjung
Bulan Ini4.202 pengunjung
Total Pengunjung68.686 pengunjung
Total Klik1.766.249 Kali