PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Pemkab Kukar Gelar Pelatihan Bumdes, Agar Jadi Penggerak Ekonomi Desa

Ekonomi dan Pariwisata    2 minggu yang lalu   
Administrator    120 Kali

Sumber Foto: Prokom

Tenggarong - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara menggelar pelatihan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang dibuka oleh Sekretaris Daerah Kukar Sunggono, Rabu (17/11) di Hotel Mercure, Samarinda.

 

Tujuannya, untuk memberdayakan sekaligus mendorong peran Bumdes sebagai penggerak perekonomian desa.

Membacakan Sambutan Bupati Kukar Edi Damansyah, Sekda menyampaikan BUMDes dapat memberikan kontribusi nyata bagi percepatan pembangunan desa melalui pengelolaan usaha, pengembangan investasi dan produktivitas perekonomian dan potensi desa, serta akan menjadi salah satu penyumbang Pendapatan Asli Desa.

 

"Untuk itu, Pelatihan BUMDes kami pandang penting sekali dilaksanakan dalam rangka penguatan kapasitas personil maupun kelembagaan BUMDes untuk menjawab tantangan sekaligus memanfaatkan peluang yang ada di desa," ujarnya.

 

Sebagaimana diketahui bahwa BUMDes telah menjadi badan hukum sejak berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2021 tentang Badan Usaha Milik Desa. Maka disebutkan Sunggono, langkah awal yang perlu segera dilakukan oleh BUMDes adalah pendaftaran nama BUMDes di Kementerian Desa PDTT dan sertifikasi badan hukum di Kemenkum-HAM.

 

Lebih lanjut disampaikannya, beberapa prinsip pengelolaan BUMDes yang wajib  dipedomani adalah professional, terbuka dan bertanggung jawab, partisipatif, prioritas sumber lokal dan berkelanjutan.

 

"Untuk itu kami berharap agar para Direktur, Sekretaris atau Bendahara BUMDes sungguh-sungguh memegang prinsip-prinsip ini agar pengelolaan BUMDes dapat dilakukan dengan baik. Prinsip-prinsip ini harus menjadi pegangan atau panduan dalam setiap tahapan aktifitas yang dilakukan baik dalam tahapan perencanaan maupun pelaksanaan dan pengelolaan usaha," imbaunya.

 

Disamping itu, dikatakannya harus ada penguatan pengawasan dan sinergi semua stakeholder yang ada di desa agar BUMDes dapat berjalan sesuai dengan rencana. Hal itu penting dilakukan agar semua kegiatan yang dilaksanakan BUMDes benar-benar memenuhi kaidah yang telah diamanatkan ketentuan yang berlaku.

Program Dedikasi Kukar Idaman mengisyaratkan pengelolaan kebutuhan dasar atau pelayanan umum hendaknya dikelola oleh BUMDesa misalnya pengelolaan listrik dan air minum di Desa.

Khususnya bagi desa-desa yang belum terjangkau layanan listrik maupun air minum oleh BUMN ataupun BUMD, karena memang kedua layanan umum ini lebih banyak berfungsi sosial daripada fungsi ekonominya, sehingga dengan dikelola BUM Desa akan lebih mengutamakan kepentingan serta kebutuhan masyarakat desa secara luas.

 

"Silakan  pelaksana Operasional BUMDes bersama-sama Pemerintah Desa nantinya dapat mengkaji kondisi serta semua potensi yang ada di lapangan. Manakala terdapat prospek untuk dibentuknya BUMDes Bersama bagi kepentingan masyarakat yang lebih luas, maka agar dapat disepakati dan dibentuk di antara beberapa desa yang bersepakat," demikian ujarnya. 

 

Sementara Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Akhmad Taufiq Hidayat mengatakan pelatihan itu bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang manajemen pengelolaan unit usaha dan SDM pengelola BUMDes. Juga meningkatkam kapasitas pengelola BUMDes. 

 

Acara tersebut diikuti 100 orang peserta dari 50 BUMDes di Kukar. (prokom04)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini136 pengunjung
Minggu Ini1.972 pengunjung
Bulan Ini7.453 pengunjung
Total Pengunjung118.890 pengunjung
Total Klik3.021.796 Kali