PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

PT EMAS Buka Usaha Peternakan Di Kukar

Ekonomi dan Pariwisata    2 tahun yang lalu   
   960 Kali

Sumber Foto: Drh Ihsan saat menjelaskan perkembangbiakan peternakan PT Equalindo Makmur Alam Sejahtera dihadapan Plt Bupati Kukar Edi Damansyah

TENGGARONG  –PT Equalindo Makmur Alam Sejahtera (EMAS) resmi membuka peluang investasi pertama kali di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) bidang bisnis pengembangbiakan peternakan hewan dengan nilai investasi yang cukup besar, tepatnya di Jl. MKT RT.005 Desa Kertabuana Kecamatan Tenggarong Seberang. “Sampai saat ini untuk pemenuhan daging ternak maupun unggas bagi masyarakat Kalimantan Timur masih didatangkan dari luar daerah seperti Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Jawa Timur dan Bali, sehingga potensi peternakan sangat menjanjikan dikembangkan di Kukar,” kata Manajemen PT EMAS drh Ihsan saat menerima kunjungan kerja Plt Bupati Kukar Edi Damansyah, Senin (4/6/2018). 

Menurut drh Ihsan menjelaskan PT EMAS menggunakan konsep peternakan integrated farming atau pertanian terpadu yaitu sistem pertanian yang terintegrasi dengan alam yang ada di sekitarnya.“Pada prinsipnya, integrated farming adalah menggabungkan berbagai teknik budidaya pertanian, peternakan, dan perikanan agar bisa saling terhubung, saling memberi manfaat, dan tidak saling merugikan. Sampah yang dihasilkan pertanian bisa dimanfaatkan untuk peternakan. Begitu juga sebaliknya, sampah yang ada pada peternakan bisa digunakan untuk pertanian,” ujarnya. 

Adapun tujuan dari peternakan sendiri, lanjut Ihsan menjelaskan akan meningkatnya produktivitas, populasi dan produksi ternak, membantu meningkatnya nilai tambah dan daya saing komoditas usaha peternaan di tingkat nasional. Kemudian membantu mewujudkan swasembada daging di kabupaten Kutai Kartanegara maupun seluruh Indonesia, mampu memberikan kontribusi terhadap perekonomian daerah, dan memberikan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat yang berada  disekitar wilayah peternakan. 

“Artinya, PT EMAS memiliki komitmen yang kuat dalam investasi pengembangbiakan peternakan di Kutai Kartanegara. Semoga ini akan menjadi awal yang baik dalam pengembangan peternakan di Kukar dan berdampak terhadap peningkatan perekonomian daerah,” katanya. Adapun jenis pembibitan yang dilakukan PT EMAS, sebut Ihsan yakni peternakan kambing terdiri dari kambing cross boer, kambing jawa randu, kambing boer aussie, kambing saanen yang langsung didatangkan dari Australia. Kemudian pada peternakan sapi terdiri dari sapi simental, sapi limosin, sapi bali. Peternakan ayam terdiri dari ayam broiler, ayam kup Palembang dan ayam Nunukan.  

“Populasi dan jenis kambing sebanyak 647 ekor dengan metode perkawinan dalam satu kandang koloni berisi 1 pejantan dengan 10-20 betina dengan 2xsiklus birahi 45 hari. Sementara peternakan kambing boer full blood dengan populasi bucks 15 ekor, does 35 ekor,” katanya. Sementara pada segi kesehatan jelas drh Ihsan perawatan dan kesehatan dengan memandikan ternak, pencukuran bulu, pemotongan kuku, perawatan kandang dan kelengkapan. Kemudian pemeriksaan kesehatan setiap hari, pengobatan rutin dan berkala, pengecekan kebuntingan dan perawatan anakan dan indukan. Kemudian dari populasi peternakan sapi meliputi jenis simental 28 ekor, limusin 29 ekor dan sapi bali 61 ekor. Perkawinannya sendiri kata Ihsan dengan metode perkawinan alam dengan pengamatan birahi serta Inseminasi Buatan, dengan perawatan dan kesehatan sama dengan ternak kambing.  

“Selain itu PT EMAS juga mengembangbiakkan peternakan ayam yakni broiler atau kemitraan sekitar 28000 ekor, ayam KUP Palembang 573 ekor, ayam kampung lokal 319 ekor dan ayam Nunukan 47 ekor, dengan konsep perkawinan untuk ayam kampung perbandingan 1 pejantan 4 betina, pengambilan dan pengumpulan telur setiap hari, ditetaskan dengan mesin penetas selama 21 hari dan langsung masuk pada perawatan anakan yang menetas,”jelasnya. (Medsi01)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini16 pengunjung
Minggu Ini736 pengunjung
Bulan Ini4.430 pengunjung
Total Pengunjung79.185 pengunjung
Total Klik2.117.554 Kali