PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Rakor TPID, Harga Kebutuhan Pokok di Kukar Stabil

Ekonomi dan Pariwisata    3 minggu yang lalu   
Administrator    89 Kali

Sumber Foto: Prokom

Tenggarong - Antisipasi melonjaknya harga kebutuhan pokok dan penting (Bapokting), Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) menggelar rapat koordinasi (rakor) sebagai tindak lanjut hasil sidak bupati bersama Tim Satgas Pangan dipasar Mangkurawang pada Minggu (10/4/2021) lalu.

 

Rakor dipimpin Bupati Kutai Kartananegara (Kukar) Edi Damansyah didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten (sekdakab) Sunggono l, dan Plt. Asissten II yang juga Kepala Bappeda Wiyono, diruang vidcon rumah jabatan bupati, Selasa (13/4/2021).

 

Rapat dikuti secara virtual seluruh OPD terkait, Camat se-Kukar, Polres Kukar, Tim Satgas Pangan, PDAM, dan PLN.

 

Bupati Edi Damansyah mengatakan, rakor digelar selain dalam rangka antisipasi kenaikan harga juga sebagai upaya pengendalian ketersedian bapokting dalam menghadapi bulan ramadhan dan hari raya Idulfitri 1442 H. 

"Komitmen kita bersama dalam rangka menjaga tingkat inflasi, sebagai salah satu prasyarat pertumbuhan ekonomi yang inklusif, berkesinambungan dan berkeadilan," ujar Edi Damansyah

 

Edi Damansyah menerangkan Inflasi yang tinggi akan menyebabkan pendapatan riil masyarakat akan terus menurun, sehingga berpengaruh terhadap standar hidup masyarakat yang akan mengalami penurunan, dimana yang miskin akan semakin miskin karena efek inflasi yang tinggi, dan inflasi yang tidak stabil akan menciptakan ketidakpastian (uncertainty), bagi pelaku ekonomi dalam mengambil keputusan.

 

"Saya apresiasi kinerja TPID Kukar dengan program rutinnya secara konsisten yakni melakukan pemantauan harga pasar, sebagai alat check and balance kewajaran harga di pasar, karena itu sudah menjadi tugas kita bersama yang tergabung dalam TPID untuk menjaga stabilitas harga dan kelancaran pasokan komoditi pangan di tengah masa Pandemi Covid-19 dan menjelang bulan puasa dan hari raya Idul Fitri 1442 H, oleh karena diperlukan upaya lebih untuk melakukan koordinasi guna pengendalian harga barang kebutuhan pokok,” terangnya.

 

Sementara itu sekdakab Sunggono mengharapkan kepada para camat untuk terus melakukan monitoring terhadap perkembangan harga, ketersediaan dan distribusi bapokting maupun kebutuhan yang lainnya diwilayahnya masing - masing.

"Apabila terjadi masalah baik kenaikan harga, ketersediaan barang maupun distribusinya agar segera melaporkan kepada TPID kabupaten untuk dilakukan tindakan," harap Sunggono

 

Untuk diketahui dalam rakor tersebut juga disampaikan laporan terkait perkembangan harga, ketersediaan dan distribusi bapokting dan kebutuhan lainnya, serta permasalahannya yang terjadi menjelang bulan suci ramadhan maupun dalam menghadapi hari Raya Idul Fitri 1442 H, selain itu juga laporan terkait ketersediaan air bersih dan pasokan tenaga listrik diwilayah kecamatan. (prokom01)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini74 pengunjung
Minggu Ini1.261 pengunjung
Bulan Ini5.023 pengunjung
Total Pengunjung78.270 pengunjung
Total Klik2.082.210 Kali