PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Seminar Bagi Wirausaha Muda Digelar untuk Sambut Ibu Kota Negara

Ekonomi dan Pariwisata    1 bulan yang lalu   
Administrator    70 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG - Asisten III Bidang Administrasi Umum Setkab Kutai Kartanegara (Kukar) Totok Heru Subroto membuka seminar Wirausaha Muda Pemula Kaltim Berdaulat Tahun 2022, di Hotel Grand Fatma Tenggarong, Sabtu (22/10/2022). 

 

Pembukaan ditandai dengan pengalungan tanda kepada peserta. Kegiatan yang diprakarsai oleh Dispora Provinsi Kaltim dengan tema Membangun Semangat Wirausaha Menuju Kemandirian Dan Kedaulatan Ekonomi Pemuda Menyambut Ibu Kota Nusantara (IKN) tersebut dilaksanakan selama dua hari.

 

Terhitung dari tanggal 22-23 Oktober 2022, dan diikuti sebanyak 120 peserta dari berbagai kalangan, yakni pelajar, mahasiswa dan organisasi kepemudaan. Dihadirkan narasumber dari Universitas Mulawarman Samarinda serta beberapa wirausahawan sukses yang ada di Kukar.

 

Kabid Pengembangan Pemuda Dispora Provinsi Kaltim, Rasman mengatakan, kegiatan tersebut merupakan implementasi penjabaran dari program pembangunan Gubernur Kaltim, khususnya dalam menciptakan pemuda Kaltim yang berdaulat.

 

Ditambahkannya, seminar ini dilaksanakan guna memotivasi para pemuda yang ada di Kaltim untuk menjadi wirausahawan dalam menyambut kepindahan IKN. Supaya nantinya saat Kaltim menjadi IKN, para pemudanya tidak hanya menjadi penonton di daerah sendiri.

 

Rasman menambahkan, kegiatan seminar tersebut direncanakan dilakukan di seluruh kabupaten dan kota yang ada di Kaltim. Dan Kukar sendiri menjadi kabupaten kesembilan dari pelaksanaan seminar tersebut.

 

“Ke depan kegiatan serupa akan terus dilaksanakan dan semakin banyak, nantinya kegiatan serupa tidak hanya akan dilaksanakan di kota-kota saja, namun juga akan menyasar di kecamatan-kecamatan,” ujarnya. 

 

Sementara itu, Bupati Kukar Edi Damansyah dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten III Setkab Kukar Totok Heru Subroto mengatakan terima kasih kepada Diapora Kaltim yang telah melaksanakan kegiatan tersebut. 

 

Menurutnya, apa yang telah dilaksanakan merupakan upaya meningkatkan minat kewirausahaan para pemuda dalam mendirikan, menjalankan serta mengembangkan usaha yang tentunya akan berdampak positif pada peningkatan ekonomi keluarga. Serta menciptakan lapangan pekerjaan baru tanpa tergantung kepada penghasilan orang tua.

 

Di bawah kepemimpinan Bupati Edi dan Wabup Rendi, Pemkab Kukar juga kini tengah fokus melaksanakan visi dan misi Kabupaten Kukar Idaman. Yakni "Mewujudkan Masyarakat Kutai Kartanegara Yang Sejahtera Dan Berbahagia". 

 

Salah satu sasarannya ialah para pemuda yang ada di Kukar, khususnya yang terkait dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berakhlak mulia, unggul dan berbudaya. Hal ini dapat dicapai melalui Program Kukar Siap Kerja, Program Usaha Kecil Idaman serta Program Kukar Kreatif Idaman.

 

Ditambahkannya, sekarang Kukar telah memiliki sebuah klinik Wirausaha Pemuda Mandiri (WPM) yang bisa dimanfaatkan oleh para pemuda untuk melakukan konsultasi dalam mendirikan usaha. 

 

Klinik WPM sendiri adalah suatu tempat pelayanan kepemudaan yang disediakan untuk melaksanakan pelayanan kepemudaan khusus menangani kewirausahaan pemuda yang berkeinginan mendirikan usaha, mengelola usaha yang sudah ada, ataupun mengembangkan usaha yang sudah berjalan.

 

Terakhir, dia berharap kegiatan serupa bisa terus dilaksanakan berkelanjutan setiap tahunnya. Sehingga membangun motivasi khususnya bagi para pemuda-pemudi dalam berwirausahaan.

 

“Kepada para peserta saya berharap agar mengikuti kegiatan ini dengan baik, serta dengarkan materi seminar yang disampaikan para narasumber, dirikan usaha dengan baik sehingga bisa membuka lapangan kerja baru bagi pemuda lainnya,” ucap Edi. (Prokom07)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: http://localhost:8041

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini243 pengunjung
Minggu Ini2.737 pengunjung
Bulan Ini10.499 pengunjung
Total Pengunjung255.722 pengunjung
Total Klik11.845.939 Kali