PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Setiap Kecamatan Didorong Miliki Industri Unggulan

Ekonomi dan Pariwisata    8 tahun yang lalu   
   1337 Kali

Sumber Foto:

TENGGARONG –Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) terus berupaya untuk meningkatan potensi yang dimilikinya, salah satunya melalui pengembangan sektor unggulan yang dimiliki oleh masing-masing kecamatan di wilayah Kukar. Untuk itu, melalui Bagian Administrasi Perekonomian menggelar Rakor Sinkronisasi Program Pengembangan Industri yang dihadiri oleh Camat se Kukar di Hotel Grand Yuda Tenggarong, Selasa (29/5) lalu.
Menurut Ketua Panitia Suprianto mengatakan rakor tersebut digelar dalam rangka mensinkronisasikan program industry yang ada dan berkembang di wilayah kecamatan, dimana disetiap kecamatan di dinginkan untuk memiliki satu industry ungulan, dengan tujuan yaitu  menyatukan visi, misi, dan strategi  program dan perkembangan industri  baik oleh pemerintah daerah, kecamatan, maupun pelaku usaha industry itu sendiri. Sinkronisasi diharapkan dapat dilakukan oleh seluruh stake holder, sehingga dengan demikian pelaksanaanya dapat sinergi baik pembuatan program maupun pelaksanaan oleh masing-masing stoke holder yang ada.
“Melalui kegiatan ini, kami berharap adanya masukan dari para camat dalam upaya pengembangan sektor indutri unggulan dimasing-masing kecamatan, dan akan diregulasikan kedalam peraturan kebijakan daerah untuk memacu kecamatan  dalam memajukan sektor unggulan tersebut agar dapat untuk dikembangkan ditahun-tahun akan datang,” ujar Suprianto.
Sementara itu Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan H Hairil Anwar yang membuka kegiatan tersebut mengatakan pencapaian pembangunan sektor industry diharapkan menjadi sektor yang dapat mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi di Kukar, untuk pertumbuhan sektor industry harus didorong hingga mencapai 6,5% pada tahun 2012 dan harus terus naik hingga rata-rata 7,2% pada periode 2013-2015.
Target industry dalam RPJMPD Kukar 2010-2015, dengan prinsip percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi. Pemerintah Kukar ingin melakukan percepatan pembangunan sektor industry melalui masterplan pembangunan Kawasan Unggulan Ekonomi (KUE) Gerbang Raja yaitu pada akselerasi industri 2012-2015, percepatan ini bertujuan untuk mendorong pertumbuhan sektor industry sebagai sebagai pengantar dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi ekonomi daerah .
“Untuk lebih mengoptimalkan potensi sektor industry di Kukar, akselerasi industry akan difokuskan pada 3 kelompok industry prioritas yaitu kelompok industry berbasis hasil tambang, hasil pertanian, dan berbasis SDM dan pasar local,” ujar H Hairil Anwar (rudi hmp02)

TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini80 pengunjung
Minggu Ini1.109 pengunjung
Bulan Ini4.714 pengunjung
Total Pengunjung75.208 pengunjung
Total Klik1.974.827 Kali