PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Sultan Restui Beras Gerbang Raja

Ekonomi dan Pariwisata    9 tahun yang lalu   
   1460 Kali

Sumber Foto:

TENGGARONG - Jajaran direksi Perusahaan Daerah (Perusda) Tunggang Parangan bersama Kepala Rice Processing Unit (RPU) Kukar H Syahran , bersilaturahim ke kediaman Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura HAM Salehuddin II, Jumat (16/3). "Kedatangan kami juga untuk meminta restu Sultan dan di doakan agar produksi beras Gerbang Raja berjalan lancar," ujar Direktur UTama Perusda Tunggang Parangan Erwinsyah didampingi Direktur Umumnya Adenani.

Selain itu, Erwin juga meminta persetujuan Sultan untuk penggunaan logo Lembuswana pada kemasan beras Gerbang Raja. "Sultan merestui penggunaan logo Lembuswana itu, ini merupakan tantangan kami untuk makin mengembangkan beras yang diharapkan menjadi kebanggaan Kukar ini," ungkapnya.

Untuk diketahui bahwa RPU Kukar dibawah asuhan Perusda Tunggang Parangan, saat ini sedang gencar memproduksi beras dalam kemasan dengan merek Gerbang Raja. Beras tersebut akan di sebar dipasaran. Beras gerbang raja akan hadir dengan lima kemasan, yaitu 1 kg, 2 kg, 5 kg, 10 kg serta 20 kg. Dengan kemasan berbagai ukuran tersebut, diharapkan  beras Gerbang Raja bisa menjagkau berbagai kalangan.  Tak hanya untuk memenuhi pasar lokal, diharapkan beras Gerbang Raja bisa mengisi kebutuhan di pasar kabupaten/kota lainnya di Kaltim. 
 
Kepala RPU H Syahran juga menjelaskan dalam satu jam, RPU mampu memproses empat ton gabah kering giling menjadi beras. Beras yang dihasilkan juga bisa langsung dipisahkan berdasarkan kualitasnya. Misalnya kualitas beras kepala, yaitu dengan butiran beras yang utuh dan beratnya cukup. Sehingga  beras yang patah-patah langsung terpisahkan dengan beras yang bagus. "Jadi yang kita kemas jadi beras Gerbang Raja itu adalah beras kepala yang bagus," ujarnya Untuk itu pihaknya perlu bekerjasama dengan petani, sehingga persediaan gabah kering giling sebagai bahan baku beras Gerbang Raja stoknya terjaga. (hmp03)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini74 pengunjung
Minggu Ini1.261 pengunjung
Bulan Ini5.023 pengunjung
Total Pengunjung78.270 pengunjung
Total Klik2.082.308 Kali