PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Tiga BUMdes dan Pertamina Pedeve Indonesia Tandatangani MoU, Bupati Kukar Harapkan Ekspansi Bisnis Lebih Besar

Ekonomi dan Pariwisata    2 minggu yang lalu   
Administrator    298 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) bangga dan memberikan apresiasi dunia usaha PT. Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT) yang telah membuka ruang kerjasama dengan tiga Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kecamatan Marangkayu.

 

Bertempat di Ruang Terminal Santan PHKT pada Selasa (11/01/2022), BUMDes Sebuntal, BUMDes Semangkok, dan BUMDes Kersik diluncurkan dan dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) bersama Pertamina Pedeve Indonesia. Disaksikan Bupati Kukar Edi Damansyah, Field Manager PT. PHKT Iman Sudirman, Camat Marangkayu Rekson Simanjuntak, dan masing-masing Kades selaku Komisaris.

 

"Silaturahmi sekaligus launching ketiga BUMDes di Marangkayu ini di luar ekspektasi. Biasanya kegiatan seperti ini dilakukan di balai desa, kawasan pertanian, tapi hari ini luar biasa launching sekaligus MoU Bumdes dilakukan di ruang Eksklusif VIP terminal PHKT Marangkayu," kata Bupati Edi Damansyah.

 

Edi berharap launching dan MoU ketiga BUMDes di Marangkayu tersebut menjadi pertanda baik, pengelolaan dan manajemennya juga dapat berjalan baik, sehingga dapat memberikan kontribusi ke desa dan masyarakat setempat dengan Koperasi Petani yang sudah dibangun.

Maju dan berkembangnya sebuah BUMDes, kata dia, tidak terlepas dari peran penting kepala desa.

 

"Apalagi pasca pandemi, tentu ini merupakan hal yang luar biasa mampu melakukan terobosan dan inovasi dalam menggerakkan BUMDes," ujar Edi mengapresiasi.

 

Keberadaan BUMDes memiliki peranan penting dan secara hukum telah diatur dalam kebijakan penguatan BUMDes. Edi menekankan agar tiga BUMDes ini tidak hanya 'jago di kandang' dalam mengelola bisnis, namun juga bisa melakukan inovasi dan ekspansi bisnis ke ranah yang lebih luas.

 

Apresiasi atas kepedulian pihak PHKT juga diungkapkan oleh Bupati, karena sudah memulai berkolaborasi dengan membuka ruang bagi BUMDes yang ada di kecamatan Marangkayu. Menurut Edi, tidak ada keberhasilan tanpa ada kolaborasi dan kebersamaan yang dibangun. Komitmen dan integritas pengurus BUMDes sangat penting dalam pengembangan bisnis, termasuk peran dunia usaha sebagai mitra kerja. Bupati berharap ketiga BUMDes ini dapat menjadi percontohan dalam hal keberhasilan dalam pengelolaan BUMDes pertama di Kalimantan Timur (Kaltim).

 

"Kelola dengan baik, kembangkan potensi lokal yang sangat berlimpah di Marangkayu dengan tetap menjaga kualitas produk, lakukan kontrol manajemen serta susun laporan pertanggungjawaban sesuai kaidah berbasis akuntansi," pintanya.

 

Camat Marangkayu, Rekson Simanjuntak menceritakan, keinginan memberdayakan potensi dan usaha lokal masyarakat menjadi dorongan awal mula terbentuknya 3 BUMDes di Marangkayu, dengan dukungan PHKT yang kini telah membuahkan hasil yang menggembirakan. Penguatan Sumber Daya Manusia dilakukan terlebih dulu, sehingga PHKT memberi dukungan dengan memberangkatkan ketiga direktur BUMDes ini studi banding ke Klaten, Jawa Tengah pada awal 2020 lalu. 

 

"Launching ini membuktikan bahwa ketiga BUMDes di Marangkayu menjadi contoh dalam pengembangan BUMDes. Maju terus, pantang mundur, kelola dan berdayakan usaha masyarakat dengan baik," demikian jelas Rekson. (Prokom10)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini99 pengunjung
Minggu Ini2.080 pengunjung
Bulan Ini8.034 pengunjung
Total Pengunjung132.859 pengunjung
Total Klik3.236.857 Kali