PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Tim Sidak Temukan Beberapa Makanan Kadaluarsa

Ekonomi dan Pariwisata    2 tahun yang lalu   
   194 Kali

Sumber Foto: Sidak barang Kadarluwarsa dan bahan makanan di Kecamatan Loa Kulu

TENGGARONG –Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara melalui Bagian Perekonomian Setkab Kukar bekerjasama dengan Disperindagkop Kukar, Dinas Kesehatan, Badan Ketahanan Pangan, Dinas Peternakan dan Kehewanan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Perkebunan, Kepolisian, Satpol PP, Balai Besar pengawasan Obat  dan Makanan Samarinda serta sejumlah dinas terkait lainnya, melakukan inspeksi mendadak (sidak) barang kadaluwarsa di Kecamatan Loa Kulu, Selasa (25/9).  

Sidak dilakukan dibeberapa toko grosir, toko biasa, mini market dan para pedagang di sekitaran Pasar Selasa Loa Kulu. Menurut  koordinator rombongan H Nurdin mengatakan, kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya dalam rangka untuk pengendalian  dan peredaran penjualan dan  pengawasan makanan kadaluwarsa dan barang yang mengandung bahan berbahaya di Kukar. Menurutnya, karena keterbatasan dana, untuk sementara baru tiga kecamatan yang dilaksanakan meliputi Kecamatan Loa Kulu, Tenggarong Seberang dan Kecamatan Muara Jawa. 

Dari hasil sidak barang kadaluwarsa dan pengawasan bahan makanan di Kecamatan Loa Kulu, tim rombongan masih banyak menemukan barang makanan yang telah habis masa berlakunya atau kadaluarsa. Petugas langsung menegur dan mengingatkan kembali kepada pemilik toko untuk mengontrol barang – barang jualannya, apabila sudah mendekati masa kadaluarsa untuk di pisahkan ketempat tertentu dan jangan dipajang. Barang hasil temuan tersebut oleh petugas langsung disita dan dimusnahkan di tempat oleh pemilik toko. Sementara itu, rombongan tim sidak yang berjumlah kurang lebih 25  orang tersebut menyusuri Pasar Selasa dan sedikit membuat heboh suasana pasar sehingga membuat beberapa pedagang dan pengunjung bertanya tanya ada apa gerangan, namun dengan penjelasan beberapa petugas barulah mereka mengerti. 

"Kami berharap agar kegiatan seperti ini rutin dilaksanakan untuk  keamanan, ketentaraman, dan kesehatan masyarakat," ujar Ida Nirmala salah seorang pengunjung pasar. Dari hasil sidak Pasar Selasa Loa Kulu, Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan Samarinda, kembali menemukan  produk-produk yang tidak mempunyai izin edar atau yang dilarang, diantaranya produk pangan, obat tradisional seperti jamu kuat lelaki, obat sakit gigi, gatal – gatal  dan lain-lain. Kepada masyarakat diingatkan agar menjadi konsumen yang cerdas serta tidak mudah terpengaruh oleh isu yang beredar di media sosial. Sebagai perlindungan terhadap masyarakat, Badan POM melalui Balai Besar/Balai POM selalu mengawal keamanan pangan yang beredar di Indonesia.  

Obat tradisional maupun suplemen makanan yang mengandung BKO memiliki resiko dan efek samping negatif bila dikonsumsi tanpa pengawasan dokter. Merebaknya penggunaan bahan kimia berbahaya dalam obat tradisional dan suplemen makanan tersebut. Rizal petugas BBPOM mengatakan sudah seharusnya menjadi perhatian masyarakat, demi menghindari akibat negatif yang tidak diinginkan. "Kami imbau agar berhati-hati ketika hendak membeli jamu atau obat tradisional yang dijual bebas," tegasnya. Sementera itu, kepada pedagang obat atau jamu tradisional yang terjaring razia  tersebut kembali diingatkan untuk tidak menjual obat yang tidak mempunyai ijin edar dan akan diproses di BBPOM Samarinda. ( medsi 04 / Betty ).


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini88 pengunjung
Minggu Ini1.104 pengunjung
Bulan Ini4.789 pengunjung
Total Pengunjung75.381 pengunjung
Total Klik1.979.063 Kali