PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Tingkatkan PAD, Kabupaten Musi Rawas Utara Sambangi Kukar

Ekonomi dan Pariwisata    2 minggu yang lalu   
Administrator    65 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG - Untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), Kabupaten Musi Rawas Utara melakukan studi banding ke Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), berlangsung di Ruang Serba Guna Kantor Bupati, Jumat (14/1/22).

 

Kabupaten Musi Rawas Utara merupakan sebuah Daerah Otonomi Baru di Sumatra Selatan. Pemekaran dari kabupaten induknya yakni Kabupaten Musi Rawas. 

 

Dalam kunjungannya ke Pemkab Kukar, Bupati Musi Rawas Utara H Devi Suhartoni didampingi Asisten Pemerintahan dan kesejahteraan rakyat Setda Kabupaten Musi Rawas Utara H. Alfirmansyah dan beberapa Kepala OPD dilingkungan Pemkab Musi Rawas Utara.

 

Sekda Kukar Sunggono menyampaikan sambutan tertulis Bupati Kukar Edi Damansyah mengucapkan selamat datang di Kabupaten Kukar. Sunggono menjelaskan konsep pembangunan yang diusung oleh pasangan Bupati Edi Damansyah dan Wakil Bupati H Rendi Solihin yang bernama Kukar Idaman. Dimana mengusung satu gerakan yang mengoptimalkan seluruh potensi daerah dengan mendorong kreatifitas dan inovasi seluruh pelaku pembangunan dalam menciptakan daya saing dan kemandirian daerah yang didasari semangat kolaborasi dan sinergitas antara pemerintah Kabupaten, dunia usaha, akademis dan masyarakat untuk mewujudkan Kabupaten Kukar lebih baik. Implementasi dari Kukar Idaman diwujudkan dalam 23 program dedikasi, penjabaran visi dan misi serta program kerja tertuang dalam RPJMD Kabupaten Kukar no 6 Tahun 2021.

 

Lebih lanjut Sunggono menyebutkan Kabupaten Kukar mempunyai potensi sumberdaya alam yang melimpah dibeberapa sektor khususnya disektor pertambangan dan penggalian, kemudian disektor pertanian, peternakan, kehutanan, perikanan, sektor konstruksi dan sektor industri pengolahan. Keempat sektor unggulan tersebut memberikan kontribusi yang cukup signifikan dalam pembangunan daerah, bahkan PDRB Kabupaten Kukar menjadi kontributor terbesar atau peringkat pertama dalam pembentukan PDRB Provinsi Kaltim. Dengan adanya Covid 19 sangat memberikan dampak pada gejolak perekonomian nasional maupun internasional, maka PDRB Kabupaten Kukar pada Tahun 2020 turun cukup drastis menjadi 120.55 Triliun Rupiah dari pada Tahun 2019 126.16 Triliun Rupiah.

 

Diharapkan melalui kunjungan kerja tersebut adanya saling dialog dan masukan membangun dalam menambah pengetahuan dan informasi antara Pemkab Kukar dan Pemkab Musi Rawas Utara.

 

Sementara dalam sambutan Bupati Musi Rawas Utara H Devi Suhartoni mengatakan tujuan mereka datang ke Kabupaten Kukar ingin mempelajari lebih dalam tentang bagaimana pengelolaan tambang agar menjadi sumber PAD dan DBH daerahnya, kemudian pengelolaan air bersih dimana geografis Kukar dan Musi Rawas Utara tidak jauh berbeda sama berada dipinggir sungai dan dikelilingi SDA yang belum tereksploitasi.

 

"Selain potensi PAD kami ingin sekali bisa berbagi ilmu dan informasi, baik itu tentang pengelolaan Dinas Perhubungan dan Rumah Sakitnya dengan Kabupaten Kukar, karena kami adalah Kabupaten termuda di Sumatera Selatan masih banyak sekali yang ingin kami pelajari demi kemajuan daerah kami,"ungkapnya.(Prokom06)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini95 pengunjung
Minggu Ini2.076 pengunjung
Bulan Ini8.030 pengunjung
Total Pengunjung132.855 pengunjung
Total Klik3.236.667 Kali