PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Usaha Mikro Kecil Menengah Kukar Go Digital Lewat Toko Daring

Ekonomi dan Pariwisata    2 minggu yang lalu   
Administrator    78 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG - Sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) cinta akan produk lokal dalam negeri, memberikan fasilitas yang memudahkan para Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk berinovasi dan berkreasi dalam mempromosikan produk-produk UMKM berbasis Go Digital melalui Penyelenggara Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PPMSE) Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

 

Sebelum memberikan bimbingan teknis terkait UMKM berbasis Digital, Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setkab Kukar memberikan pemahaman dan wawasan terkait promosi produk barang dan jasa kepada puluhan UMKM yang ada di Kukar, Kamis (16/6/2022) di Ruang Serbaguna Kantor Bupati, Tenggarong.

 

"Bimtek bagi para pelaku UMKM ini sebagai bentuk komitmen pemerintah cinta produk lokal Kukar. Sasaran utamanya adalah percepatan peningkatan penggunaan produk dalam negeri dan produk usaha mikro, usaha kecil dan koperasi yang secara serentak telah dilakukan se-Indonesia," kata Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) Aspianur Sandi.

 

Hal tersebut lanjut Sandi, berdasarkan telah dikeluarkannya Surat Instruksi Presiden RI Nomor 2 Tahun 2022 Tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

 

"Sesuai dengan apa yang sudah ditegaskan Bupati Kukar (Edi Damansyah-red) bahwa tahun 2022 telah mengalokasikan pagu anggaran yang cukup besar yang ditujukan untuk meningkatkan produksi pasar pelaku usaha di berbagai komoditas," ujarnya.

 

Ditambahkan Rahman Hakim selaku penitia pelaksana Bimtek yang juga Kasubag Pengelolaan Barang dan Jasa mengatakan, dilaksanakannya bimtek bagi pelaku UMKM sebagai upaya memberikan semangat inovasi dalam pengembangan produk UMKM lokal Go Digital yang telah disediakan pemerintah.

 

"Semoga ini menjadi awal dari kebangkitan produk-produk lokal Kukar dan merambah pasar nasional dan internasional, sehingga berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat secara luas," harapnya.

 

Diketahui, Pemkab Kukar menyediakan pagu anggaran cukup besar untuk belanja komoditas yang diperuntukkan bagi para pelaku usaha UMKM lokal seperti, makan minum, ATK, pakaian, pakan dan benih, bibit pertanian dan perkebunan, souvenir, kebersihan. Kemudian keagaman, elektronik, alat rumah tangga, sembako, elektronik berupa AC, laptop dan printer serta mebel dengan total anggaran keseluruhan mencapai Rp 109, 9 Miliar. (Prokom10)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kopidoni.com

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini372 pengunjung
Minggu Ini3.168 pengunjung
Bulan Ini13.277 pengunjung
Total Pengunjung196.904 pengunjung
Total Klik7.787.663 Kali