PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Warga Desa Mandiri Dilatih Buat Kue

Ekonomi dan Pariwisata    6 tahun yang lalu   
   910 Kali

Sumber Foto: Cake dan kue Muffin hasil olahan peserta pelatihan ternyata tidak kalah dari buatan perusahaan barkeri ternama. Baik dari aspek citarasanya, bentuk dan tekstur maupun cara pengolahannya.(joe)

TENGGARONG – Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Perindakop) Kutai Kartanegara melalui Bidang Perindustrian menggelar Pelatihan Produksi Industri Kecil bagi warga Desa Mandiri di Kecamatan Kotabangun. Pesertanya terdiri ibu rumah tangga  yang sebagian besar  istri nelayan  Desa Pela, Sangkuliman dan Desa Liang. 

Selama 3 hari berturut-turut sejak Selasa (20/5) lalu peserta pelatihan yang berjumlah 20 orang ibu-ibu ini mengikuti dengan tekun pelatihan industri kecil dalam bidang pembuatan kue kering dan makanan ringan. Di pelatihan ini menghadirkan  2 instruktur  dari Sekolah  Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Samarinda. Kepala Dinas Perindakop Kukar diwakili Drs H Mahmud Nurdin mengatakan pelatihan  dimaksudkan untuk memberikan wawasan dan motivasi bagi ibu rumah tangga agar mereka mampu mendukung ekonomi keluarga.

 “Serta wujud komitmen Pemkab Kukar dalam menggalakkan program Usaha Kelompok Bersama (UKB) Perempuan,” katanya. Menyinggung sasaran kegiatan pada  warga Desa Mandiri  menurutnya karena dapat dipastikan peserta pelatihan   akan mampu mengimplementasikannya.

“Disamping  memperteguh   eksistensi    Desa Mandiri sehingga ke depan memiliki sentra industri kecil yang dapat dikembangkan,” ujarnya. Sementara Kepala Sub Bidang Produksi pada Bidang Perindustrian  Disperindakop Kukar Drs Saddarudin MM menambahkan dipilihnya materi pelatihan tentang  pembuatan kue kering dan makanan ringan  karena salama ini wawasan   peserta tentang   kue dan makanan  ringan  sangat terbatas pada   yang tradisional. “Seperti Roti Balok, Elat Sapid dan Baulu,” katanya.

Padahal kini aneka jenis dan variasi kue kering dan makanan ringan sudah berkembang pesat. Selain   itu peserta juga dibekali tentang pengetahuan  bahan serta   cara pengemasan sehingga menarik konsumen untuk membeli produk mereka. Dikatakan setelah mengikuti pelatihan ini peserta akan mendapat bantuan berupa  sepaket peralatan pembuatan kue dan makanan ringan. “Seperti open, kompor dan sarana pendukung lain,” demikian katanya.(hms-di01)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini15 pengunjung
Minggu Ini735 pengunjung
Bulan Ini4.429 pengunjung
Total Pengunjung79.184 pengunjung
Total Klik2.117.203 Kali