PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Waterboom Mini Akan Dibangun di Pulau Kumala

Ekonomi dan Pariwisata    1 bulan yang lalu   
Administrator    120 Kali

Sumber Foto: Prokom

Kukar - Peran investor terhadap pengembangan Pulau Kumala begitu diharapkan. Pemerintah menginginkan Pulau Kumala dibangunkan taman terbuka hijau. 

 

Wakil Bupati Kukar juga berharap Pulau Kumala yang memiliki pesona tersendiri bisa mendatangkan investor baru untuk mengelolanya.

 

Menurut Rendi, banyak investor yang tertarik mengelola Pulau Kumala tetapi mundur saat tau kondisi dan fasilitas yang ada. Untuk itu pada kesempatan tersebut ia meminta kepada Dinas PU untuk merencanakan dengan baik mode transportasi yang cocok.

 

“Banyak tawaran investasi yang datang untuk mengelola pulau kumala tetapi sayangnya setelah mengetahui kondisinya banyak yang mundur karena jalur transportasi yang agak sulit (tidak bisa mobil masuk) sehingga ongkos operasional lebih tinggi,” ungkapnya.

 

Dia menegaskan bahwa nantinya Siapapun yang ingin berinvestasi di Pulau Kumala pemerintah tidak akan menarik retrebusi selama 2 tahun pertama. 

“Biar berkembang terlebih dahulu dan jika sudah maju baru daerah memungut retribusi untuk masuk ke kas daerah (PAD),” kata Rendi.

 

Rendi juga menerangkan bahwa saat ada beberapa hal yang harus dibenahi sehingga ada daya jual yang bisa ditawarkan sehingga investor tertarik untuk mengelolanya.

 

“kita benahi dulu sarana dan prasarana yang kurang seperti masalah transportasinya sehingga Pulau Kumala yang indah ini memiliki daya jual dan nantinya investor akan datang sendiri ke Kutai Kartanegara jika semua fasilitasnya telah dipenuhi,” ungkapnya.

 

Salah satu fasilitas yang akan masuk dalam anggaran tahun 2023 adalah waterboom mini yang dimotori oleh Dinas Pariwisata pada tahun 2023 sebagai salah satu spot wisata yang akan menjadi Icon Pulau Kumala.

 

Terakhir Rendi juga menjelaskan tentang ex Patung naga yang telah dilakukan saimbara desain memerlukan dana sekitar Rp 20 miliar dan saat ini dana yang ada baru Rp 4 miliar di tahun 2022 dan akan dilanjutkan lagi Rp 16 miliar di tahun 2023. (prokom08)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: http://localhost:8041

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini274 pengunjung
Minggu Ini2.768 pengunjung
Bulan Ini10.530 pengunjung
Total Pengunjung255.753 pengunjung
Total Klik11.847.604 Kali