PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Kaltim Dapat Alokasi 9.750 Sapi Brahman Cross

Info Kaltim    5 tahun yang lalu   
   1529 Kali

Sumber Foto: Sapi Brahman Cross indukan dari Australia saat tiba di Pelabuhan Kariangau Balikpapan.(johan/humasprov kaltim)

SAMARINDA – Tahun lalu Kaltim mendapat bantuan  dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian berupa sapi indukan jenis Brahman Cross (BC)  2.078 ekor. Tahun ini Kaltim kembali mendapat bantuan yang sama melalui APBN, berupa BC indukan telah mencapai 9.750 ekor.

Kepala Dinas Peternakan Kaltim,  H Dadang Sudarya, alokasi bantuan sapi BC indukan  dari Australia merupakan program nasional untuk mendukung program pencapaian populasi dua juta ekor sapi di Kaltim.

“Setelah tahun lalu kita mendapat bantuan 2.078 sapi BC. Tahun ini dilanjutkan dan mendapat alokasi 9.750 ekor,  guna mendukung program dua juta sapi Kaltim,” ujar Dadang Sudarya, Senin (22/2).

Bantuan yang diberikan pusat itu menurut dia, merupakan kepercayaan pemerintah bagi Kaltim. Utamanya, mampu berkontribusi bagi pembangunan peternakan nasional serta percepatan swasembada daging.

Karenanya, diharapkan pemerintah daerah baik kabupaten maupun kota mendukung program nasional di daerah itu. Khususnya, mempersiapkan kawasan dan sumber daya manusia (SDM) peternak sapi.

Dijelaskan, Disnak pada 2015 telah mendistribusikan sapi BC indukan bagi kelompok tani (poktan) ternak maupun gapoktan di kawasan perkebunan kelapa sawit di beberapa kabupaten.

Tahap awal dalam program penyaluran sapi BC indukan Australia bagi poktan ataupun gapoktan di Kaltim itu untuk pengembangan integrasi sapi sawit.

Dia menyebutkan kalau program bantuan sapi BC indukan ini terealisasi sepenuhnya tahun ini maka akan ada sekitar 11.828 ekor untuk Kaltim.

“Dukungan pusat ini bukan saja kebanggaan tapi sekaligus tantangan bagi insan peternakan. Kepercayaan ini menjadi tangungjawab besar dalam percepatan pembangunan dan pengembangan peternakan Kaltim,” ungkap Dadang Sudarya.(yans/humasprov).

Sumber :http://www.kaltimprov.go.id/


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini42 pengunjung
Minggu Ini1.050 pengunjung
Bulan Ini4.775 pengunjung
Total Pengunjung75.504 pengunjung
Total Klik1.982.039 Kali