PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Riset Pola Komunikasi Relevan untuk Komunikasi Publik Pemerintah

Info Nasional    5 tahun yang lalu   
   1059 Kali

Sumber Foto:

Jakarta, Kominfo - Riset mengenai perubahan pola komunikasi dan perilaku sosial masyarakat akibat masifnya penggunaan internet yang akan dilakukan Puslitbang Aptika dan IKP  sangat penting untuk kebijakan terkait informasi dan komunikasi publik. “Hal ini sesuai harapan dan visi Presiden Joko Widodo, dimana pemerintah perlu menyampaikan informasi yang secepat-cepat kepada masyarakat jangan sampai pengamat dan media sosial lebih tahu tentang informasi tersebut. Respons harus cepat kepada masyarakat,” kata Plt Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Djoko Agung Harijadi dalam Seminar "Pola Komunikasi dan Perilaku Sosial Masyarakat Desa dan Kota di Era Teknologi Komunikasi, di Jakarta, Selasa (23/02/2016).

Menurut Djoko Agung saat ini  para pelaku komunikasi publik di lingkungan pemerintah harus berorientasi global. Oleh karena itu, pendekatan country branding menjadi sangat penting dilakukan oleh Ditjen IKP dan Humas pemerintah. “Saat ini ada dua perubahan pola komunikasi dan perilaku sosial yang kini terjadi di Indonesia yaitu demensi presepsi masyarakat terhadap informasi kebijakan pemerintah, dan perubahan pola komunikasi dan perilaku masyarakat dapat diukur dengan dimensi presepsi masyarakat,” tuturnya.  

Lebih lanjut, Djoko Agung menyatakan  melalui riset dan penelitian yang terkait dengan Komunikasi Publik oleh Puslitbang Aptika dan IKP Kemkominfo ini nantinya dapat dipergunakan untuk menentukan kebijakan di bidang informasi dan komunikasi publik.  “Disamping itu, Inpres No,9/2015 menjadi pegangan  bagi K/L maupun Pemda apabila ada visi yang sifat nasional untuk disampaikan secara masif kepada masyarakat. Oleh karena itu,  Kemkominfo melalui Ditjen IKP dan Bakohumas diminta Presiden untuk  menyampaikan informasi kepada masyarakat dengan cepat. Pengguna TIK seperti internet, medsos menjadi sarana yang tepat untuk mendelivery informasi tentang kebijakan pemerintah kepada masyarakat,” katanya. (YDR)

Sumber :http://kominfo.go.id/


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini43 pengunjung
Minggu Ini1.051 pengunjung
Bulan Ini4.776 pengunjung
Total Pengunjung75.505 pengunjung
Total Klik1.982.112 Kali