PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Wapres : Pers Bisa Dorong Kemajuan Sebuah Bangsa

Info Nasional    6 tahun yang lalu   
   729 Kali

Sumber Foto: Wakil Presiden Jusuf Kalla

Jakarta, Kominfo - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengharapkan pers dapat mendorong kemajuan sebuah bangsa serta menginspirasi masyarakat untuk optimistis menyongsong masa depan yang lebih baik.

"Tentu kita berharap, pers yang mempersatukan bangsa ini, mendamaikan bangsa ini bukan pers yang 'mengipas-ngipasi' bangsa ini, membuat bangsa terpecah-pecah," katanya saat memberikan sambutan pada puncak peringatan Hari Pers Nasional 2015 di Batam, Kepulauan Riau, Senin(9/2).

Menurut Wapres Jusuf Kalla, peran pers sangat penting bagi sebuah bangsa, jika bisa mendorong kemajuan sebuah bangsa serta menginspirasi masyarakat untuk optimistis menyongsong masa depan yang lebih baik. Namun, pers pun dapat menimbulkan pesimisme bila terus menerus memberitakan hal-hal negatif kepada masyarakat.

Selain Wapres juga menilai pers merupakan mata, telinga dan mulut sebuah bangsa. "Tanpa media sebuah bangsa tidak memiliki mata, tidak memiliki telinga dan tidak memiliki mulut," katanya.

Ditempat yang sama, Ketua Dewan Pers Bagir Manan menilai kebebasan pers semestinya berupa keberpihakan pers terhadap publik bukan menempatkan diri sebagai bagian integral kekuatan-kekuatan politik yang bersaing.

"Cukup banyak persoalan pers, bagaimana cara menerjemahkan kebebasan dan hak berekspreksi. Kebebasan pers semestinya keberpihakan pada publik, bukan pers partisan," kata Bagir 

Menurut Bagir, keberpihakan jadi masalah ketika pers menjadi partisan karena partisan tidak layak dalam pers bebas."Pers partisan merendahkan diri sendiri, mengesampingkan kode etik, dan standar jurnalistik. Pengaruh politik terhadap pers meresahkan publik, ini faktor utama partisipan pers," ujar Bagir.(Yura)

Sumber :http://goo.gl/vGihdm


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini73 pengunjung
Minggu Ini1.260 pengunjung
Bulan Ini5.022 pengunjung
Total Pengunjung78.269 pengunjung
Total Klik2.082.121 Kali