PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

120 Peserta Ikuti Pelatihan Satgas Pramuka Peduli

Kemasyarakatan    3 tahun yang lalu   
   351 Kali

Sumber Foto: Bupati Edi Damasnyah Memberikan Cendera Mata dan Piagam Penghargaan Kepada Para Nara Sumber.

TENGGARONG –Sebanyak 120 orang anggota Pramuka di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara mengikuti Pelatihan Satuan Tugas (Satgas) Pramuka Peduli, di asrama atlet kompleks olahraga Aji Imbut Tenggarong Seberang, pekan tadi. 120 peserta pelatihan itu terdiri dari 80 orang dari 7 kwartir ranting satuan karya, serta relawan dari kelurahan sebanyak 27 orang yang ada di wilayah Kecamatan Tenggarong.

Ketua panitia pelaksana pelatihan Satgas Pramuka Peduli Kabupaten Kutai, Arie Ersandi mengatakan giatan tersebut, untuk pembentukan dan pendalaman materi tentang bencana kebakaran, terkhusus penanganan kebakaran dalam memberikan pertolongan pertama, dan membentuk relawan yang memahami jati diri dan prinsip kerelawanan, membuka wawasan dan mengasah ketrampilan relawan agar dapat mengambil peran dalam aksi kemanusiaan baik penanganan bencana maupun program kemanusiaan lainnya.

“Dalam pelatihan ini kami sengaja melibatkan relawan khusus Tenggarong dengan harapan agar tercipta relawan-relawan muda serta terjadi sinergi dan sinkronisasi relawan yang ada dengan pihak Dinas Penanggulangan Bencana Daerah (DPBD) Kab Kukar,” ucap Arie.

Adapun metode pelatihan dilaksanakan dengan dua metode yaitu teori dan praktek, yang terdiri dari dua kelas pelatihan yaitu yang pertama kelas Fire Fihgter Basic Training atau kelas Pelatihan Dasar Pemadam Kebakaran. Kedua, kelas Frist Aid Basic Training atau kelas pasar pertolongan pertama terhadap korban bencana. “Dengan pembentukan dua kelas ini diharapkan terjadi spesilaisasi kemampuan dasar para relawan dalam penanganan bencana,” ujarya.

Adapun peserta yang mengikuti pelatihan berasal dari Kwartir Ranting Tenggarong, Loa Janan, Samboja, Muara Badak, Anggana, Muara Muntai, Sebulu. 
Sedangkan dari relawan berasal dari Kelurahan Timbau, Melayu, Sukarame, Mangkurawang, Loa Ipuh, Bukit Biru, Loa Tebu, dan Kelurahan Baru, untuk dari satuan karya yaitu satuan dari karya Bhayangkara dan karya Pariwisata.

Pelatihan dilaksanakan selama 3 hari yaitu tanggal 2 hingga 4 Mei 2019, menghadirkan nara sumber dari tenaga ahli dari perusahaan PT Pertamina Hulu Sangasanga sebanyak 3 orang, dan dari DPBD Kab Kukar sebanyak 3 orang../// Yli-Medsi03 ///


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: http://localhost:8041

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini291 pengunjung
Minggu Ini3.102 pengunjung
Bulan Ini12.530 pengunjung
Total Pengunjung230.380 pengunjung
Total Klik10.106.126 Kali