PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Ales Betta Tenggarong Boyong Juara Umum

Kemasyarakatan    5 tahun yang lalu   
   1004 Kali

Sumber Foto: Para juri saat meneliti dan menilai ikan cupang yang diperlombakan.

TENGGARONG –Setelah melalui beberapa tahap penilaian oleh ketiga juri, akhirnya nama Ales Betta Tenggarong berhasil menyabet Juara Umum pada pelaksanaan Tenggarong Betta Contest yang diselenggarakan Komunitas Pecinta Ikan Cupang Hias (Pechi) Tenggarong berkerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kukar, Minggu (24/1).

Diperolehnya Juara Umum oleh Ales Betta tidak berjalan mulus, pasalnya dalam kontes tersebut kelompok yang seluruh anggotanya berasal dari Tenggarong ini harus bersaing sengit dengan Runer Up Komunitas Hobby Cupang Hias Balikpapan (HCHB) dengan nilai yang hanya berbeda enam poin. “Antara Ales Betta dan HCHB hanya selisih enam poin. Penilaian terakhir terhadap ikan cupang jenis Gaiant membuat Ales Betta mendapat poin 76. Sedangkan HCHB mendapat poin 70,” ucap salah satu juri asal kota Samarinda, Jony.

Wakil Ketua Panitia, Agung Setiawan menyebutkan, untuk Juara Umum mendapatkan uang tunai senialai Rp1 Juta Rupiah, piala serta piagam penghargaan. “Juara Umum ini merupakan jumlah perolehan poin dalam setiap kategorinya,” katanya.

Dalam kontes tersebut ada sebanyak 277 ikan cupang yang mengikuti kontes. Seluruhnya berasal dari Tenggarong, Samarinda, Balikpapan, Bontang, Tarakan, Jakarta, dan Jawa. “Kami dari panitia berterimakasih kepada seluruh peserta yang berasal dari Kalimantan maupun pulau Jawa dan Sumatera. Sudah bersedia bepartisipasi di Kontes yang kami adakan keempat kalinya,” lanjut Agung.

Ia berharap kedepannya, Pechi Tenggarong mampu mengadakan Even serupa dengan sekala Nasional. “Nanti kita akan adakan skala Nasional dengan pemain cupang yang hebat-hebat dari luar daerah. Kita perlu dukungan dari seluruh pihak terutama Dinas Terkait,” tambahnya.

Terpisah, Sekertaris DKP Kukar Dadang menyambut baik dengan diadakannya kontes-kontes ikan cupang maupun ikan hias lainnya. Kedepannya, DKP akan mengusahakan agar kelompok pembudidaya ikan cupang hias ini masuk didalam pengawasan DKP. “Seperti yang ada di Samarinda, Pembudidaya Cupang Hias sudah masuk didalam pembinaan Dinas. Disini (Kukar.Red) kita akan upayakan, namun kelompok atau komunitas tersebut harus terlebih dahulu memenuhi persyaratan-persayaratan yang ada,” Jelas Dadang.

Selain itu, diharapkannya dengan makin berkembangnya komunitas maupun pembudidaya ikan cupang hias tersebut mampu menjadi lahan usaha baru. “Sekarang kita lihat mereka sudah bisa menghasilkan ikan cupang ternakan sendiri dan dijual. Dan menjadi peluang usaha juga,” sambungnya. (hms.DI.07)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini41 pengunjung
Minggu Ini1.049 pengunjung
Bulan Ini4.774 pengunjung
Total Pengunjung75.503 pengunjung
Total Klik1.982.009 Kali