PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Angkutan Feri Trasidional Diasuransikan

Kemasyarakatan    8 tahun yang lalu   
   1066 Kali

Sumber Foto: Kadishub Kukar Marsidik (kanan) secara simbolis memasang jaket pengaman saat pelatihan bagi awak feri tradisional belum lama ini.(joe)

TENGGARONG – Para pengguna jasa penyeberangan feri tradisional yang menghubungkan Kota Tenggarong dan Tenggarong Seberang atau sebaliknya ke depan semakin dilindungi melalui jaminan asuransi. Yaitu selain asuransi jiwa juga angkutan berupa barang seperti kendaraan bermotor roda 2 dan 4  yang tenggelam akibat human error, cuaca serta kondisi feri itu sendiri.

Rencana pemberian jaminan auransi bagi barang angkutan feri tradisional itu diketahui setelah adanya pembahasan hal tersebut yang berlangsung di kantor Dishub Kukar, Selasa (30/9) lalu di Tenggarong. Kepala Dinas Perhubungan Kutai Kartanegara Marsidik mengaku pihaknya telah memfasilitasi pertemuan antara perusahaan jasa asuransi PT Jasaraharja Putra (JP) dengan  pihak operator kapal feri bersama dermaga feri tradisional.

Menurutnya rapat yang membahas  asuransi pelayanan penyeberangan kapal feri tradisional untuk barang yang diseberangkan berupa mobil dan sepeda motor berlangsung kondusif. Sehingga dihasilkan kesepakatan diantaranya besaran asuransi yang dibayar pihak PT JP, pembayaran premi asuransi oleh operator dan dermaga feri. Namun yang jelas dari kesepakatan itu  pihak asuransi tidak mengganti total barang baik mobil maupun sepeda motor yang hilang tenggelam ke dasar sungai Mahakam.  “Namun hanya memberikan dalam bentuk santunan saja, tidak mengganti secara penuh,” ujarnya. 

 Misalnya pada opsi awal premi sebesar Rp 5.000,- per 1 unit mobil dengan klaim sebesar Rp70 juta permobil.   Selain itu, rapat tersebut juga membahas mekanisme lain terkait perasuransian tersebut, seperti sistem pengambilan uang preminya.  Menurut Marsidik, pada dasarnya pihak operator kapal maupun dermaga menyambut baik dengan program itu.

Pasalnya program ini dinilai sangat membantu mereka karena meringankan beban ketika terjadi musibah. “Latar belakang program ini karena pernah terjadi musibah dan sangat menyulitkan pihak operator, karena mengganti mobil atau motor yang tenggelam,” demikian ungkapnya. (hms-di01)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: http://localhost:8041

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini10 pengunjung
Minggu Ini2.232 pengunjung
Bulan Ini9.899 pengunjung
Total Pengunjung252.262 pengunjung
Total Klik11.678.139 Kali