PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Atlet Aquatik dan Jurnalis Buka Puasa Bersama

Kemasyarakatan    5 tahun yang lalu   
   1006 Kali

Sumber Foto: Para Atlet dan Jurnalis Kukar Buka Puasa Bersama anak panti asuhan Al Kahfi dan Kelompok Sadarwisata (Pokdarwis) di Taman Arum Loa Kulu, Sabtu (27/6/2015) lalu.

TENGGARONG- Bulan Ramadhan adalah bulan penuh rahmat dan ampunan serta punya banyak kelebihan, dibulan inilah keimanan kita diuji oleh Allah SWT, mulai dari berpuasa menahan lapar dan haus, serta menahan hawa nafsu akan amarah. Rasulullah saw. Bersabda “Ramadhan telah datang kepada kalian, bulan yang penuh berkah. Pada bulan itu, Allah Swt. memberikan naungan-Nya kepada kalian.

Diturunkan-Nya rahmat, dihapuskan-Nya kesalahan-kesalahan (dosa-dosa), dan dikabulkan-Nya doa pada bulan itu. Allah Swt. akan melihat kalian berpacu melakukan kebaikan. Para malaikat berbangga dengan kalian dan perlihatkanlah kebaikan diri kalian kepada Allah Swt. Sesungguhnya orang yang celaka adalah orang yang pada bulan itu tidak mendapat rahmat Allah Swt.” (HR. Ath-Thabrani).

Setidaknya tauladan kebaikan inilah yang dilakukan para atlet renang Kutai Kartanegara (Kukar) dan Jurnalis Kukar, berkesempatan untuk mengadakan Buka Puasa Bersama anak panti asuhan Al Kahfi dan Kelompok Sadarwisata (Pokdarwis) di Taman Arum Loa Kulu, Sabtu (27/6/2015) lalu. Kegiatan yang berlangsung di Balai Desa Sumber Sari Loa Kulu ini mengangkat tema Kebersamaan dan Berbagi Mensyukuri Nimat Allah SWT, buka bersama ini juga diisi dengan sosialisasi Narkotika dan Perlindungan Perempuan dan Anak dari Polres Kukar.

Dalam sosialisasinya, AKP Suwarno menyampaikan pentingnya bahaya narkotika yang masih sangat rawan mengintai remaja di Kukar, terlebih mengingat Atlet dan Penghuni panti tidak luput dari jeratan obat-obatan berbahaya tersebut. “Sebagai gambaran, Kukar saat ini peringkat ketiga berkaitan dengan kasus dan peredaran Narkoba di Kaltim. Oleh karena itu, anak muda harus lebih teliti dan tegas untuk berkata tidak untuk narkoba,” ucapnya.

Selain itu, Suwarno juga berharap agar semua orang turut berperan dalam penanganan dan pencegahan kasus Narkoba ini. Salah satunya, ia menghimbau untuk orang tua agar mengawasi prilaku anaknya. Jika terlihat ada indikasi terjerat Narkotika untuk segera melaporkan ke Polres Kukar.

“Orang tua wajib melaporkan kalau anaknya terindikasi terjerat narkoba, dengan melaporkan anak tersebut tidak akan diproses hukum namun akan direhalibitasi dengan tanpa biaya atau gratis,” lanjutnya.

Kegiatan ini dihadiri langsung Kepala Desa Sumber Sari Loa Kulu dan Wakil Ketua Kelompok Sadar Wisata Dewi Arum. Tidak hanya sosialisasi terkait Narkotika oleh Suwarno, pemahaman tentang pelecehan seksual juga disampaikan oleh Kanit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA)  Aiptu Irma Ikawati. 

Semakin berkembangnya teknologi juga menjadi faktor penyebab maraknya terjadi pelecehan seksual. Irma menyebutkan, pelecehan seksual saat ini tidak hanya dialami oleh anak perempuan namun juga anak laki-laki.

“Dengan berkembangnya teknologi, anak laki-laki juga sering mengalami pelecehan seksual. Apabila merasa dan mengalami pelecehan seksual segera laporkan,” kata Irma.

Kenalkan Desa Wisata, Sambil Memetik Sayuran

Penggagas kegiatan Ahmad Rianto menyebutkan kegiatan ini diselenggarakan di Desa Wisata Loa Kulu bertujuan ingin mengenalkan hal baru keanak-anak panti.

Jika tahun sebelumnya dirinya beserta Jurnalis Kukar hanya melaksanakan niatnya tersebut dilingkungan panti. Kegiatan ini direncanakan untuk mengenalkan alam dengan mengajak anak-anak panti memetik langsung sayur di Desa tersebut.

“Sebenarnya agenda pertama mengenalkan anak-anak ke alam dengan memetik sayur langsung diladangnya. Karena hujan, kegiatan hanya berlangsung di Balai Desa. Kegiatan berikutnya kami akan ajak mereka kesini lagi untuk menikmati alam di Desa Wisata ini,”, ungkap lelaki yang juga pelatih renang ini.

Ia berharap kegiatan ini bisa mensyukuri nikmat dengan berbagi bersama anak panti asuhan sembari mendapatkan pencerahan bahaya narkoba sehingga menjadi generasi muda berprestasi yang tangguh dan terbebas pengaruh narkoba. Acara dilanjutkan dengan Berbuka Puasa dan Salat Magrib bersama. (humas-di01)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini75 pengunjung
Minggu Ini1.104 pengunjung
Bulan Ini4.709 pengunjung
Total Pengunjung75.203 pengunjung
Total Klik1.974.566 Kali