PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Bhuana Jaya Raih Penghargaan Transparansi Publik Terbaik se-Kaltim

Kemasyarakatan    2 tahun yang lalu   
   907 Kali

Sumber Foto: Kantor Kades Bhuana Jaya.

TENGGARONG -Desa Bhuana Jaya Kecamatan Tenggarong Seberang sukses meraih penghargaan tertinggi peringkat pertama dalam penilaian implementasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Ketegori Pelayanan Informasi dan Transparansi Publik (PITP) Tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Tahun 2018.

Penghargaan KIP tersebut diserahkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim Moh Jauhar Efendi diterima Kepala Desa Bhuana Jaya Suwondo, baru-baru ini di Samarinda. Kepala Desa Bhuana Jaya Suwondo merasa bersyukur mendapatkan penghargaan sebagai juara I terbaik, ketegori pelayanan informasi dan transparansi publik tingkat Provinsi Kaltim.

“Alhamdulillah, kami bersyukur bisa meraih yang terbaik dalam ajang Keterbukaan Informasi Publik se-Kaltim. Tentu, prestasi ini sebagai motivasi jajaran Desa Bhuana Jaya untuk terus berbenah terutama dalam pelayanan informasi dan transparansi publik kepada masyarakat,” kata Suwondo usai menghadiri Pembukaan Bursa Inovasi Desa se-Kukar, Selasa (30/10/2018) di Tenggarong.

Menurut Suwono, sebelum meraih penghargaan berbagai persyaratan sudah dipenuhi jajarannya. Mulai dari sistem administrasi berbasis online, penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes), pencapaian progres Anggaram Alokasi Dana Desa (ADD) dan lainnya. “Ya, semua program yang dilakukan oleh desa berbasis sistem transparan. Sehingga capaian dan progres pembangunan yang ada di Bhuana Jaya dapat diketahui secara luas oleh masyarakat,” ujarnya.

Ditambahkan, Suwondo berharap walau jarak desa Bhuana Jaya jauh dari pusat kecamatan Tenggarong Seberang, namun berhasil menorehkan prestasi terutama dalam membangun sistem keterbukaan informasi publik melalui website www.bhuanajaya.opensid.id dan www.bhuanajaya.desa.id.

“Saya berharap desa Bhuana Jaya mendapat perhatian lebih dari pemerintah daerah, terkait pembangunan infrastruktur desa,sarana dan fasilitas umum lainnya yang masih belum maksimal terutama dari sisi anggaran. Kami juga sangat berharap sinergi perusahaan yang ada juga dapat membina para Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam upaya peningkatan ekonomi kemasyarakatan," harap Suwondo.

“Adapun perekonomian Bhuana Jaya saat ini, masih ditopang dari sektor Pertanian dalam arti luas. Mulai dari padi sawah, holtikultura, peternakan, perikanan dan lainnya,” tambah Suwondo. Diketahui, Program Inovasi Desa (PID) dilaksanakan di seluruh Indonesia termasuk di wilayah Kaltim. Sebagai upaya memacu gerak langkah percepatan pembangunan desa. Program tersebut diharapkan dapat memberikan suntikan baik motivasi maupun realisasi dalam melengkapi desain kerangka pembangunan yang sudah berjalan. (Medsi01)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini95 pengunjung
Minggu Ini1.111 pengunjung
Bulan Ini4.796 pengunjung
Total Pengunjung75.388 pengunjung
Total Klik1.979.216 Kali