PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Bupati Kukar Ingin Optimalisasikan Lahan TTP di Desa Bangun Rejo

Kemasyarakatan    1 bulan yang lalu   
Administrator    206 Kali

Sumber Foto: Prokom

Tenggarong - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah inginkan masyarakat Desa Bangun Rejo Kecamatan Tenggarong Seberang dapat memanfaatkan lahan dan dikelola dengan baik.

 

Sebagai bentuk keseriusan dalam meningkatkan produksi pangan di sektor pertanian.

 

Hal tersebut dikatakannya saat melakukan panen bersama jagung hibrida varietas Jh 37 dan berdialog bersama masyarakat dan kelompok tani di ruang serbaguna (Taman Teknologi Pertanian (TTP) Desa Bangun Rejo, Kecamatan Tenggarong Seberang, Sabtu (09/01/2021).

 

Saat berdialog dengan masyarakat dan kelompok tani, Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan, lahan TTP yang sudah di serahkan oleh pemerintah provinsi kaltim melalui Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) kepada Pemerintah Kabupaten Kukar, tentunya merupakan salah satu kolaborasi. Bentuk keseriusan dan komitmen meningkatkan produksi pangan di Kaltim khususnya di Kabupaten Kukar.

 

"Atas nama pemerintah kabupaten, saya ingin masyarakat Tenggarong Seberang khususnya Kelompok Tani Desa Bangun Rejo dapat memanfaatkan dan mengelola lahan TTP dengan sungguh-sungguh dan lebih kreatif, serta inovatif. Sehingga dapat dijadikan role model bagi kelompok tani di luar kecamatan tenggarong seberang" ujar Edi.

 

Lebih lanjut, Edi juga mengatakan pemanfaatan lahan TTP harus dibuatkan program yang strategis guna meningkatkan produksivitas pangan lebih stabil.

 

"Pemanfaatan lahan TTP harus dengab manajemen yang baik. Tentunya kerja sama dan sinegritas para pihak (stakholder) terkait harus terjalin dengan baik, sehingga lahan TTP dapat memberikan manfaat yang baik bagi masyarakat setempat," katanya.

 

Sementara itu, BPTP Prov. Kaltim Fausiah T Ladja mengatakan, banyak program-program dan peluangnya ada, tinggal bagaimana program ini dimanfaatkan oleh masyarakat dan petani, tentunya bagaimana pemanfaatan dan pengelolaan lahan TTP ini bagi para petani bisa menghasilkan dan bisa meningkatkan perekonomiannya.

 

"Kami komitmen akan terus menjalin kerja sama dan mensupport para petani dalam meningkatkan produksi pangan, tentunya keseriusan petani sangat kami harapkan untuk benar benar memanfaatkan lahan ini sesuai dengan peruntukannya dan dikelola dengan baik," ujar Fausiah.

 

Dia juga berharap ke depan semakin banyak kelompok tani dan pemuda tergerak untuk mengelola lahan disekitarnya, sehingga dapat meningkatkan produksi pangan di Kaltim, tingkat pengangguran dapat ditekan, angka kriminalitas berkurang, lingkungan juga terkelola dengan baik. (prokom 09)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini22 pengunjung
Minggu Ini1.073 pengunjung
Bulan Ini4.203 pengunjung
Total Pengunjung68.687 pengunjung
Total Klik1.766.293 Kali