PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Bupati Kukar Resmikan Lumbung Pangan Desa Manunggal Jaya

Kemasyarakatan    1 bulan yang lalu   
Administrator    76 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah meresmikan lumbung pangan masyarakat dan sarana pendukungnya (lantai jemur) di Desa Manunggal Jaya, Kecamatan Tenggarong Seberang. 

 

Peresmian juga dihadiri Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kukar Muhamad Wahli, Plt Camat Tenggarong Seberang Sugiarto, Wakil ketua DPRD Didik Agung Eko Wahono, Kepala OPD terkait, Kades, Ketua KTNA Provinsi Kaltim, ketua KTNA Kabupaten Kukar, Penyuluh dan masyarakat petani, di Desa Manunggal Jaya, Rabu (20/1/2021).

 

Muhamad Wahli mengatakan, pengembangan lumbung pangan masyarakat dilakukan dalam rangka pemberdayaan dan perlindungan masyarakat dari kerawanan pangan dengan memfasilitasi pembangunan fisik lumbung, pengisian cadangan pangan dan penguatan kelembagaan kelompok dengan mengajukan permohonan dan diperuntukan bagi kelompok tani (Poktan) maupun Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan). 

 

Dari segi sosial, lumbung pangan untuk mengantisipasi kekurangan bahan pangan, mengantisipasi ancaman gagal panen akibat alam. 

 

Sedangkan segi ekonomi sebagai untuk meningkatkan pengelolaan cadangan kelompok pangan dan pengembangan ekonomi produktif kelompok tani.

 

"Di Kabupaten Kukar ada 19 lumbung pangan masyarakat. Tersebar di beberapa desa dengan anggaran pembangunan bersumber dari APBD I sebanyak 6 unit, APBD II 6 unit, DAK kementerian pertanian pusat sebanyak 2 unit, dan Bankeu Provinsi Kaltim sebanyak 5 unit," ungkap Wahli.

 

"Pada hari ini kita resmikan lumbung pangan masyarakat yang anggarannya bersumber dari APBD Kabupaten Kukar Tahun 2020 dengan ukuran bangunan 8 x 10 meter dan lantai jemur 8 x 10 meter," jelasnya.

 

Bupati Kukar Edi Damansyah meminta agar bangunan lumbung pangan masyarakat yang baru diresmikan bisa digunakan dengan baik, bisa dimanfaatkan dan dikelola.

 

Ke depannya Edi minta ada tim gugus tugas untuk melakukan pendataan ulang, agar data bisa terus diperbaharui.

 

Dia juga berterima kasih atas kerja sama yang baik antara penyuluh pertanian bersama instansi terkait membimbing Gapoktan di desa. Sehingga pertanian di Kukar bisa berjalan dengan baik walaupun berlahan. Namun sektor pertanian bisa meningkat secara bertahap.

 

"Terus lakukan pembentukan kelompok tani muda agar ada regenerasi baru dalam pertanian, kita tidak bisa kerja sendiri. Semua akan tercapai jika kita saling bekerjasama," ujarnya.

 

Dia berharap para petani bisa lebih membuka wawasan pertanian dan bersinergi dengan pihak lain agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal dalam memajukan pertanian di Kabupaten Kukar. (Prokom06).


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini61 pengunjung
Minggu Ini1.106 pengunjung
Bulan Ini4.328 pengunjung
Total Pengunjung68.073 pengunjung
Total Klik1.752.865 Kali