PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Bupati Kukar Tinjau Pembuatan Seminisasi Parit, Dikerjakan Kelompok Tani Pambes

Kemasyarakatan    3 minggu yang lalu   
Administrator    156 Kali

Sumber Foto: Prokom

Tengggarong - Bupati Kutai Katanegara (Kukar) Edi Damansyah dengan mengendarai sepeda gowes, meninjau Pekerjaan Kegiatan Seminisasi Parit di RT 19 Caruban Kelurahan Panji Kecamatan Tenggarong, Minggu (3/10/2021). 

Pembuatan seminisasi parit sepanjang 250 meter di areal persawahan penduduk tersebut dikerjakan melalui Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi ( P3A-PGAI ) Kementerian PUPR Dirjen SDA melalui Satuan Kerja Operasi dan Pemeliharaan SDA, Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimatan IV.

Didanai APBN murni senilai Rp195 juta dengan waktu pelaksanaan 90 hari kelender yang dikerjakan oleh Perkumpulan, Petani, Pengguna Air (P3A) Panji Bersatu (Pambers). 

Ketua P3A Pambers, Tho'at mengatakan, pada 10 Juli 2021 lalu pihaknya telah mengadakan rapat untuk pembentukan pengurus P3A Pambers. Dengan tujuan untuk memenuhi persyarat bahwa P3A ini mampu membangun dan melaksanakan proyek irigasi ini. 

"Dengan harapan, bila warga setempat yang mengerjakan dijamin hasil dan mutunya pasti bagus," ujarnya.

Lebih lanjut, Tho'at mengatakan bahwa P3A Pambes yang terdiri dari kelompok tani Panji Makmur, Panji Mulyo, dan Panji Selipan ini juga sudah diperiksa dan di audit oleh BPKP Provinsi Kaltim. 

"Alhamdulillah hasil pembangunan dan pengerjaannya tidak ada masalah dan mutunya bisa dipertanggungjawabkan dengan baik," tegasnya. 

Bupati Kukar Edi mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada P3A Pambers, para ketua dan anggota kelompok tani di wilayah Panji yang sudah menekuni profesi sebagai petani yang merupakan salah satu mata pencaharian pokok untuk ekonomi keluarga.

"Sehingga kedepannya yang berkaitan dengan infrastruktur jalan menuju pertanian itu akan kita lengkapi," tegasnya. 

Lebih lanjut, Edi mengatakan kebijakan Pemkab Kukar di sektor bidang Pertanian dan Pariwisata adalah andalan di Kabupaten Kukar yang harus bisa berjalan secara bersama-sama. 

"Saya berharap para petani yang tergabung dalam kelompok Pambes ini agar terus menguatkan kelompok taninya. Jangan sampai ada kelompok yang tidak aktif atau tidak jalan, tanyakkan kemereka apa penyebabnya dan jangan dibiarkan. Namanya kelompok kita harus maju dan berkembang bersama sama," harapnya. 

Turut hadir mendampingi bupati tersebut, Sekda Sunggono, Ketua Bappeda Wiyono, Kadistanak Sutikno, Plt Dinas PU Wisnu, Camat Tenggarong Arfan Boma Pratama, dan Lurah Panji Nina Martini. (prokom05).


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini198 pengunjung
Minggu Ini1.911 pengunjung
Bulan Ini6.381 pengunjung
Total Pengunjung110.264 pengunjung
Total Klik2.881.666 Kali