PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Bupati Lantik Anggota BPD Desa Sepakat Loa Kulu

Kemasyarakatan    2 tahun yang lalu   
   435 Kali

Sumber Foto: Bupati Kukar saat memberikan sambutan kepada anggota BPD desa Sepakat, Loa KUlu. (prokom)

TENGGARONG -Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah melantik tujuh anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) desa Sepakat kecamatan Loa Kulu periode 2019-2025, Jumat (26/4) di balai pertemuan umum desa tersebut. Dalam sambutannya usai melantik, Edi berharap acara tersebut bukan hanya sekedar seremoni, tapi bagian dari memperkuat komitmen bersama, terutama anggota BPD yang baru dilantik agar benar-benar menjalankan fungsi sebagai perwakilan masyarakat desa. Dikatakannya, BPD melaksanakan fungsi pemerintahan sesuai Undang-undang nomor 6 tahun 2014, fungsi tugas BPD bersama Kepala Desa (Kades), diantaranya yaitu membahas dan menetapkan Peraturan Desa (Perdes), kemudian menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat.

"Jadi harus betul-betul menampung aspirasi masyarakat, karena kebutuhan dengan keinginan itu beda tipis, jangan sampai tidak bisa membedakan. Jangan memenuhi keinginan beberapa oknum tapi mengabaikan kebutuhan masyarakat, utamakan kebutuhan masyarakat," tegasnya. Fungsi selanjutnya, yaitu pengawasan terhadap kinerja Kades. Edi mengatakan fungis-fungsi tersebut akan terus dipantau karena masih ada beberapa desa di Kukar yang belum melaksanakan fungsinya secara utuh. Misalnya, disebutkan Edi dalam penyusunan program desa, BPD hanya setuju-setuju terus apa yang disampaikan Kades, sehingga hilang fungsi menampung dan menyalurkan aspirasi. "Akibatnya, saat kegiatan berjalan baru BPD cerita ngomel di luar. Artinya itu BPD sebagai pelengkap penderita saja, hilang fungsi pengawasan dan menyalurkan aspirasi, jangan sampai ini terjadi," tegasnya lagi.

Pada kesempatan itu Bupati juga mengedukasi masyarakat bahwa BPD wakil masyarakat, maka masyarakat harus mengontrol. Menurutnya, jika ingin mengukur kinerja BPD, liat saja berapa Peraturan Desa (Perdes) yang diterbitkan, kalau hanya satu Perdes dalam setahun, berarti satu tahun BPD hanya kerja satu kali saja. "Nanti akan dilihat bagaiamana administrasi BPD mengawasi Kades dalam bentuk berita acara rapat dengan Kades, itu akan diliat semua. Untuk itu, BPD harus benar-benar menjalankan fungsinya dengan baik," ujarnya. Untuk itu, Edi mengimbau BPD yang baru dilantiknya agar segera melakukan rapat dengan Kades, agar pembangunan tepat sasaran, dengan program-program yang disesuaikan dengan prioritas pembangunan Pemkab Kukar, salah satunya pengentasan kemiskinan, dan peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

"Saya ingin kita bekerja dengan niat tulus, agar amanah menjadi ibadah, bisa memberikan manfaat kepada warga kita, selamat bekerja, luruskan niat baik kita untuk perubahan desa Sepakat ini," demikian pesannya. Acara tersebut dihadiri Kepala Desa beserta pernagkat desa setempat, Camat Loa Kulu Adriansyah, tokoh masyarakat dan tokoh agama dan pemuda setempat. (medsi09)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini87 pengunjung
Minggu Ini1.449 pengunjung
Bulan Ini5.514 pengunjung
Total Pengunjung103.588 pengunjung
Total Klik2.725.084 Kali