PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Desa Gas Alam Badak I Peringkat Keenam Lomba BBGRM Nasional

Kemasyarakatan    6 tahun yang lalu   
   1370 Kali

Sumber Foto: Bupati Kukar Rita Widyasari berfoto bersama Kades Gas Alam Badan I, Hidayat. Usai menerima penghargaan dari Mendagri.(hmp05)

JAKARTA - Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Desa Gas Alam Badak I Kecamatan Muara Badak, mengukir prestasi di kanca nasional pada lomba Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tingkat nasional. Yaitu keluar sebagai juara harapan ketiga pelaksana terbaik Gotong Royong Masyarakat untuk kategori Desa se-Indonesia.

Piagam penghargaan tersebut, diserahkan oleh Mendagri RI Gamawan Fauzi pada acara puncak peringatan BBGRM XI dan dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-42 tingkat Nasional 2014, Kamis (22/5) di Halaman Kantor Dirjen PMD Kemendagri, Jakarta Selatan.
Piagam penghargaan ini diterima langsung Kepala Desa Gas Alam Badak I, Hidayat yang disaksikan oleh Bupati Kukar Rita Widyasari, didampingi Kepala Bapemas dan Pemdes Kukar Syamsie Juhri, dan Ketua TP-PKK Kukar Hj Asih Qurnia Ghufron yang hadir pada acara tersebut.

Bupati Rita Widyasari, mengucapkan terima kasih dan selamat kepada Desa Gas Alam Badak I, terutama Bapak kades dengan prestasi yang diterimanya ini adalah prestasi sangat luar biasa karena prestasi ini pertama kali di dapatkan oleh Kabupaten Kukar.

"Karena setelah tiga tahun pelaksanaan ini dari 72 ribu lebih yang menjadi penilaian oleh Kemendagri, Desa Gas Alam Badak I masuk peringkat keenama atau harapan tiga besar se-Indonesia. Artinya desa kita bisa menjadi contoh bagi Desa di Kaltim karena tidak ada desa di Kaltim yang mendapatkan penghargaan tersebut, untuk kategori lomba desa selain Kabupaten Kukar," jelasnya.

Lanjut dikatakan Bupati perempuan pertama di Kaltim ini, memang benar waktu saya melakukan kunjungan ke (Desa Gas Alam, red) kadesnya lah menjadi komando di desanya untuk melakukan kegiatan bagi warganya. Misalnya bersih-bersih, mengambil sampah, dan mengajak warga untuk bergotong royong dan ini tidak biasa dilakukan oleh kades lainnya.

Beliau (Bapak Hidayat), menyampaikan kepada saya walaupun APBD Kukar cukup besar dan menerima bantuan Anggaran Dana Desa (ADD) yang juga cukup besar, tetapi mereka tidak pernah menghilangkan rasa Gotong Royong. Artinya biar pun kaya warganya tidak pernah sombong, dan manja mereka selalu saling membantu dan tolong menolong," ujar Bupati dengan bangga kepada kadesnya.

"Saya berharap semangat dan sprit yang ditunjukkan oleh warga dan seluruh aparat desanya untuk terus ditingkatkan agar menjadi contoh bagi desa lain, karena masih ada 237 desa dan yang pastinya 194 desa dan 44 kelurahan di Kukar untuk menjadi perhatian. Hal ini menjadi barometer bagi desa dan para kades, yaitu bagaimana seorang kades bisa di teladani untuk terjun langsung kelapangan, dan berbaur dengan warganya untuk membangun desanya agar lebih baik," harapnya.

Sementara itu Hidayat, menuturkan bahwa penghargaan yang kami peroleh ini bukan hanya untuk warga Desa Gas Alam Badak I Kecamatan Muara Badak, tetapi juga bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Kukar pada umumnya. Karena penghargaan yang diberikan ini adalah penghargaan secara berjenjang dari tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi dan nasional.

Dengan harapan supaya usaha melestarikan dan membumikan semangat bergotong royong yang memang merupakan jati diri bangsa Indonesia, maka dari itu harus tetap lestari dan terpelihara agar semangat membangun desa, dan sesuai dengan visi-misi Gerbang Raja dapat terwujud," kata Kades Gas Alam Badak I ini, usai menerima penghargaan tersebut.

Usai menghadiri acara puncak peringatan BBGRM dan HKG PKK tersebut, Bupati Kukar bersama Kepala Bapemas dan Pemdes Kukar serta Kades Gas Alam Badak I, mengunjungi stand pameran Kabupaten Kukar yang diwakili oleh Bapemas dan Pemdes Kukar. (rahman/hmp05).


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini18 pengunjung
Minggu Ini1.034 pengunjung
Bulan Ini4.719 pengunjung
Total Pengunjung75.311 pengunjung
Total Klik1.977.430 Kali