PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Dialog Multikultur Pererat Silturahmi Pemuka Agama Islam

Kemasyarakatan    7 tahun yang lalu   
   1104 Kali

Sumber Foto: Asisten IV Bidang Kesra, Humas Protokol dan Organisasi Sekretariat Kabupaten Kukar H. Bahrul memberikan cendramata kepada Kepala Puslitbang Kehidupan Keagamaan selaku pimpinan rombongan Prof.H. Abdul Rahman Mas’ud Ph. D di dampingi oleh Kepala Kantor Kemenag Kab. Kukar H. Sulaiman Anwar.

TENGGARONG– Dialog  pengembangan wawasan multicultural intern pemuka agama Islam pusat dan daerah yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama Kab. Kutai Kartanegara bekerjasama dengan Puslitbang Kehidupan Beragama Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI dan Kanwil Kemenag Kalimantan Timur berlangsung pada Kamis (24/10) di Ballroom Mulawarman Hotel Grand Elty Singgasana Tenggarong.

 
Kegiatan ini dilatarbelakangi masalah aliran / faham keagamaan dalam Islam  yang semakin berkembang  dan jumlahnya semakin bertambah  tak terlepas dari bagaimana pemahaman, penghayatan dan pengamalan ajaran agama itu sendiri oleh masyarakat.  Serta untuk memperlancar komunikasi dan  silaturahmi,  menyatukan visi dan misi pengembangan wawasan multicultur dan wawasan kebangsaan antara pimpinan agama Islam baik pusat maupun daerah. Dialog ini di ikuti oleh 30 orang peserta dari pusat yang meliputi Anggota MPR RI, Komisi IV DPR RI, MUI Pusat, Kementrian  Agama Pusat, Badan Litbang, narasumber, peneliti, pimpinan ormas Islam dan wartawan.   Sedangkan peserta dari daerah berjumlah 60 orang perwakilan dari Kutai Kartanegara yang meliputi dari  Pemkab Kukar, Kementraian Agama Kabupaten Kukar, MUI, BAZ, Nahdatul Ulama dan lain-lain.
 
Asisten IV Bidang Kesra, Humas Protokol dan Organisasi Sekretariat Kabupaten Kukar  H. Bahrul mengatakan pemuka agama Islam dan pimpinan organisasi massa keagamaan merupakan salah satu komponen masyarakat yang memiliki peran penting dalam mengarahkan cara pandang umat. Pemuka agama dan pimpinan organisasi keagamaan merupakan pihak yang mempunyai pengaruh yang luas dan dipercaya oleh masyarakat, bahkan dipandang sebagai agen perubahan sosial.  Oleh karena itu para pemuka agama dituntut menggali dan memantapkan kembali etika kehidupan yang religius dan bermartabat di tengah-tengah tantangan kehidupan global. Pemuka agama harus selalu mengajarkan ritual keagamaan secara benar dan tidak menyimpang dari ajarannya. Pemuka agama dituntut  berfikir kritis, kreatif, inovatif dan transformatif sehingga akan bereaksi dan melakukan koreksi bila terjadi penyimpangan-penyimpangan ajaran agama. Fungsi strategis dari para pemuka agama juga harus didukung oleh peran ganda yang lebih luas pada bidang-bidang lain, seperti sosial-budaya, hukum, politik dan ekonomi.
 
“Pemuka agama perlu terus menerus meningkatkan kompetensi, kemampuan dan integritas,” ungkapnya. Pemuka agama harus terus berupaya membangun semangat kerjasama yang sinergis dan terpadu antar umat beragama, pemerintah dan seluruh elemen masyarakat guna mewujudkan masyarakat yang tenteram, damai, sejahtera baik lahir maupun batin. Diakhir sambutannya ia berharap agar para pemuka agama dapat  menjalin komunikasi, menumbuhkan saling pengertian, menyatukan visi dan misi, merumuskan kesepahaman serta melahirkan kesepakatan – kesepakatan agar kehidupan beragama dalam masyarakat lebih baik dan juga harus meningkatkan ketahanan umat, agar tetap stabil dan dinamis.(hmp06-lina)

TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini25 pengunjung
Minggu Ini1.041 pengunjung
Bulan Ini4.726 pengunjung
Total Pengunjung75.318 pengunjung
Total Klik1.977.762 Kali