PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Dinsos Gelar Sosialisasi Orang Dengan Kecacatan Berat

Kemasyarakatan    9 tahun yang lalu   
   980 Kali

Sumber Foto:

TENGGARONG – Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Kantor Dinas Sosial (Dissos) Kukar menggelar Sosialisasi Orang Dengan Kecacatan Berat, di Hotel Grand Elty, Tenggarong, Senin (26/12) lalu.Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Dissos Kukar Moersito. Dengan menghadirkan para narasumber dari, Kementrian Sosial, Dissos Kaltim serta Dissos Kukar. Kegiatan yang digelar selama satu pekan ini diikuti kurang lebih 100 orang peserta berasal dari kecamatan, kelurahan maupun desa.Kepala Dissos Kukar, Moersito, mengatakan kegitan sebagai sarana untuk memberikan pelayanan dan rehabilitasi sosial bagi penyandang cacat, dan menjangkau lokasi penyandang cacat/orang dengan kecacatan atau penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS). Mulai dari kota hingga ke desa agar dapat memperoleh pelayanan kesejahteraan sosial sedini mungkin.Demi mewujudkan ratusan PMKS di Kukar agar layak hidup seperti halnya manusia normal lainnya, maka leding sektor yang membidangi masalah penyandang cacat tersebut adalah Dissos Kukar," ujarnya.

Lebih lanjut, Moesito mengatakan dengan adanya kegiatan ini, mereka juga tidak merasa minder, rendah diri, tetapi mereka juga punya hak dan kewajiban yang sama dengan orang-orang normal lainnya.Melihat antusias peserta yang semangat mengikuti kegiatan ini, Moersito berharap, kepada para penyandang cacat yang ada di Kukar, agar jangan pernah merasa minder, malu untuk melakukan aktifitas sehari-hari, tetapi harus menerima keadaan yang dialami. Karena hal itu merupakan anugerah yang diberikan oleh Allah SWT bagi bagi dirinya.Kemudian, bagi Pemkab Kukar dalam hal ini Dinsos Kukar, agar selalu memperhatikan dan membantu para penyandang cacat yang ada di Kukar, karena para penyandang cacat sangat-sangat memerlukan bantuan dari Pemerintah. Karena kalau bukan dari pemerintah, mereka tidak bisa berbuat apa-apa,” imbuhnya.

Sementara Ketua Panitia Usman dalam laporannya, menuturkan bahwa program kegiatan UPSK merupakan salah satu kegiatan tahunan yang diadakan oleh  Provinsi melalui Dissos Kaltim kepada semua kabupaten/kota yang ada di Kaltim. Dan kali ini giliran Kabupaten Kukar yang didatangi oleh Dissos untuk melaksanakan kegiatan tersebut.Kemudian, materi yang diberikan antara lain, bimbingan sosial perubahan perilaku, bimbingan mental spiritual/bimbingan keagamaan, pelatihan ketrampilan, pemeriksaan kesehatan, sosialisasi program penyandang cacat /Orang Dengan Kecacatan (ODK), orang dengan Kecacatan berat (ODKB), serta sosialisasi UU No 4/1997 dan PP No 43/1998," terangnya. (rahman/hmp05).


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kopidoni.com

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini310 pengunjung
Minggu Ini4.375 pengunjung
Bulan Ini16.112 pengunjung
Total Pengunjung180.939 pengunjung
Total Klik5.416.141 Kali