PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Edi Minta Pertahankan Suasana Kondusif Umat Beragama di Kukar

Kemasyarakatan    1 tahun yang lalu   
   172 Kali

Sumber Foto: Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah saat menari bersama.

TENGGARONG –Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah meminta masyarakat untuk mempertahankan suasana kondusif umat di Kukar. Hal tersebut dikatakannya saat menghadiri pesta pembangunan Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Tenggarong Resort Sentosa Samarinda, di Gereja HKBP Tenggarong, Minggu (15/9/2019).

“Situasi aman seperti ini harus kita pertahankan dan jaga bersama, kalau bisa kita tingkatkan menjadi lebih baik lagi,”kata Edi Damansyah. Menurutnya suasana kondusif antar umat yang telah tercipta tidak lepas dari saling toleransinya antar umat beragama di Kukar, terutama dalam melaksanakan ibadahnya masing – masing. Untuk itu, Edi meminta kepada pendeta agar terus lakukan peningkatan spiritual kepada umatnya agar kehidupan yang dijalankan bisa terarah dan termotivasi.

Dikatakannya pula pemerintah daerah sendiri terus memberikan perlindungan bagi setiap warganya dalam memilih dan melaksanakan ibadah sesuai pilihan warganya. Termasuk pemenuhan akan sarana dan prasarana dalam menunjang peribadatan tersebut. ”Sarana peningkatan spiritual memerlukan rumah ibadah sebagai penunjang dalam pembinaan umatnya, untuk itu pembangunan rumah ibadah sangatlah penting bagi setiap agama karena disanalah tempat saling berinteraksinya antara umatnya,”ucapnya.

Lebih lanjut kata Edi hidup adalah pilihan mau menjadi umat religius dengan menjalankan ibadahnya atau tidak mau melaksanakan ibadah sesuai ajarannya. Ia mencontohkan menggunakan filosofi garam yang terlihat butirannya berbentuk kristal putih, setelah dimasukan kedalam air akan menghilang dan tidak terlihat lagi, namun bisa merasakan asinnya. “Filosofi garam mengajarkan kita, makanan tanpa garam akan hampa, begitulah ibaratnya agama dikehidupan kita akan hampa tanpa adanya siraman rohani pada setiap individu,”ucap Edi.

Pada kesempatan itu, Edi berharap adanya kerjasama dan komunikasi yang baik agar terciptanya umat yang saling menghormati. ”Teruslah lakukan koordinasi dengan para aparatur pemerintah baik ditingkat desa, lurah, maupun camat, agar bisa memberikan kontribusi bagi pembangunan tempat-tempat ibadah,”harapnya lagi. Acara dirangkai dengan menari bersama dan pengumpulan dana bagi pembangunan Gereja HKBP Tenggarong.(Medsi06)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini12 pengunjung
Minggu Ini1.134 pengunjung
Bulan Ini6.817 pengunjung
Total Pengunjung94.288 pengunjung
Total Klik2.474.910 Kali