PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Hendak Buahkan Panduan Desa Peduli Penghidupan Berkelanjutan, Kemendes PDTT RI Laksanakan Uji Publik

Kemasyarakatan    2 minggu yang lalu   
Administrator    32 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG - Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Akhmad Taufik Hidayat membuka Uji Publik Desa Peduli Penghidupan Berkelanjutan di Hotel Grand Fatma pada Kamis (18/11) pagi.

 

Uji Publik yang dilaksanakan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (KemendesPDTT) RI itu diikuti peserta sebanyak 60 orang. Terdiri dari Kepala Desa, Kader PMD, Pendamping Desa, Sekretaris Desa, pengelola media Karang Taruna dan pelaku usaha ekonomi desa. 

 

Bupati Edi Damansyah dalam sambutannya mengungkapkan, hakikat dan tujuan pembangunan desa adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, dan kualitas hidup manusia, serta penanggulangan kemiskinan melalui pemenuhan kebutuhan dasar, pembangunan sarana dan prasarana desa, dan pengembangan potensi ekonomi lokal, serta pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan hidup berkelanjutan.

 

"Sebuah penghidupan bisa kita katakan berkelanjutan jika dapat mengatasi dan pulih dari tekanan dan goncangan, untuk itu kami konsen untuk memperkuat perekonomian masyarakat, khususnya masyarakat desa" ujar sambutan Bupati Kukar yang dibacakan Asisten I Setkab Kukar itu.

 

Pendekatan Penghidupan Berkelanjutan merupakan lensa penting untuk menjawab permasalahan pembangunan, kunci untuk mengatasi tantangan kemiskinan, ketidaksetaraan dan lingkungan, juga kerangka kerja yang berguna untuk menerapkan tujuan pembangunan berkelanjutan global dan SDGs Desa. 

 

Sehingga uji publik ini diharapkan dapat membahas permasalahan, pengalaman dan pembelajaran tentang penghidupan berkelanjutan dari narasumber maupun peserta. Untuk memperkaya isi Buku Panduan Desa Peduli Penghidupan Berkelanjutan, juga meningkatkan kapasitas masyarakat melalui pengembangan pusat pembelajaran masyarakat desa.

 

"Semoga dari uji publik ini dapat menambah wawasan peserta dan dapat memperkaya isi Buku Panduan Desa Peduli Penghidupan Berkelanjutan, sehingga dapat meningkatkan kapasitas masyarakat," harapnya.

 

Koordinator Pengelola SDA, Lingkungan dan Kebencanaan Anastutik Wiryaningsih dalam laporannya menjelaskan, tujuan uji publik ini antara lain memberikan pengetahuan dan pemahaman yang menyeluruh kepada pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota tentang Peningkatan Kapasitas Masyarakat dan Sistem Akuntabilitas Sosial. Sekaligus menumbuhkan pengetahuan serta pemahaman tentang nilai-nilai inklusivitas bagi pemerintah desa dan BPD, khususnya Kades di desa-desa percontohan dan non percontohan.

 

"Sasaran dari uji publik ini meliputi pemerintah pusat, pemerintah daerah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota, serta pemerintah desa, dengan output buku Panduan Desa Peduli Penghidupan Berkelanjutan" terangnya. 

 

Sebagai narasumber uji publik tersebut 

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kukar, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kukar, serta Tim Penyusun Panduan. (Prokom01).


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini143 pengunjung
Minggu Ini1.979 pengunjung
Bulan Ini7.460 pengunjung
Total Pengunjung118.897 pengunjung
Total Klik3.021.886 Kali