PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

IKA UMM Kaltim Latih Petani dan Anggota PKK Desa Mulawarman Membuat Produk Ramah Lingkungan

Kemasyarakatan    1 minggu yang lalu   
Administrator    95 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG -  Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Regional Kalimantan Timur (Kaltim) bersama Desa Mulawarman menyelenggarakan kegiatan Belajar Bareng di Balai Desa Mulawarman, Tenggarong Seberang pada Minggu (20/11/2021).

 

Kegiatan ini diikuti para petani dan anggota PKK Desa Mulawarman, mereka membuat produk pertanian dan peternakan ramah lingkungan. 

 

Penanggung Jawab Kegiatan, Wawan Suryadi dampingi Emi Rosana Saleh, Alumni IKA UMM Kaltim yang juga Kepala Bidang Seksi Kurikulum dan Pengembangan Mutu SMP di sela–sela kegiatan tersebut menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan terbagi dalam 2 (dua) sesi. Sesi pertama, yaitu pelatihan pembuatan asam amino, pembuatan nitrobacter, pembuatan Plant Growth Promoting Rhizobacteria (PGPR) akar bambu. Sesi keduanya dilanjutkan dengan pembuatan manisan jahe, membuat sinom dan membuat jahe instan pada sesi kedua.

 

Kegiatan ini dimaksudkan untuk mendorong pemanfaatan produk pertanian dan peternakan yang ramah lingkungan. Sekaligus merupakan bagian dari rangkaian kegiatan IKA UMM Kaltim untuk berkontribusi kepada warga Desa Mulawarman yang merupakan salah satu penyedia pangan wilayah Kukar dan Kaltim itu.

 

"Kegiatan ini penting untuk membangun komunikasi dengan warga desa Mulawarman," sebut Wawan.

 

Instruktur kegiatan ini, Parwito mengatakan, produk pertanian dan peternakan ramah lingkungan dihasilkan dari bahan yang alami, murah dan banyak tersedia di lingkungan sekitar. Semua bahan yang digunakan berasal dengan memanfaatkan potensi yang ada di sekitar rumah. 

 

Parwito berharap, keterampilan masyarakat desa dalam membuat pupuk organik dapat menjadi produk ekonomis yang dapat diperjual belikan di BUMDES (Badan Usaha Milik Desa).

 

“Untuk menciptakan kemandirian pupuk seiring dengan mahalnya pupuk kimia yang ada. Diharapkan kotoran sapi bisa dikelola menjadi pupuk kandang super dan menjadi sumber pendapatan bagi BUMDES yang akan mengelola usaha tersebut”, tuturnya.

 

Pihak Desa Mulawarman sangat menyambut baik kegiatan ini dan dirasa sangat memberikan manfaat. Kepala Desa Mulawarman Mulyono menyampaikan bahwa banyak potensi desa yang dapat didorong agar menjadi produk bernilai ekonomi yang dapat meningkatkan pendapatan warga.

 

“Seperti halnya kotoran ternak yang sebelumnya disia-siakan bisa menjadi sesuatu yang berharga dan bermanfaat bagi perekonomian," sebutnya. 

 

Kalangan ibu-ibu dapat diperankan dalam memanfaatkan potensi-potensi yang tersedia untuk bias memiliki nilai tambah. 

Selain itu, Mulyono berharap dan menekankan bahwa kerjasama antara IKA UMM Kaltim dengan Desa Mulawarman bias terus berlangsung. (Prokom 03).


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini123 pengunjung
Minggu Ini1.959 pengunjung
Bulan Ini7.440 pengunjung
Total Pengunjung118.877 pengunjung
Total Klik3.021.619 Kali